Cara Membuat VCN BNI Debit Online

Cara Membuat VCN BNI

Artikel “Cara Membuat VCN BNI” ini nantinya meliputi segala hal yang perlu Anda tahu tentang VCN BNI mulai dari apa itu VCN BNI, bagaimana cara membuat VCN BNI dan apa saja yang dapat dilakukan oleh VCN BNI ini.

Bagi Anda yang akan membuat VCN BNI mungkin sudah tahu apa tujuan dari VCN ini karena tidak mungkin dong Anda ingin membuatnya tanpa tahu digunakan untuk apa. Jadi Anda bisa skip dan langsung ke cara membuat VCN BNI.

Namun bagaimana dengan orang yang belum tahu dan hanya ikut nimbrung ingin tahu cara membuat VCN BNI!

Saya akan jelaskan sedikit mengenai apa itu VCN BNI. Mudah mudahan setelah ini Anda akan tahu apa yang dimaksud dengan VCN BNI dan meneruskan niat awal Anda yang ingin membuat VCN BNI.

Apa itu VCN BNI?

Sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa VCN BNI ini merupakan bagian dari BNI Debit Online yang digunakan untuk melakukan transaksi secara online di merchant yang support dengan BNI Debit Online.

Cara kerja BNI Debit Online ini memang sepintas terlihat mirip dengan Virtual Credit Card (VCC). Namun jika jeli, Anda bisa melihat ada perbedaan signifikan dari kedua produk virtual ini.

Perbedaan dari kedua produk virtual ini adalah sumber dana. Jika VCC sumber dananya berasal dari pihak pemberi pinjaman maka sumber dana BNI Debit Online ini milik kita pribadi yang berasal dari rekening tabungan.

Untuk mengetahui apa itu VCN BNI, coba ambil kartu debit BNI Anda lalu perhatikan 16 angka yang saya tandai seperti gambar dibawah ini.

Nomor Kartu

16 digit angka pada gambar itulah nomor kartu yang menjadi data informasi atau identitas dari kartu debit BNI Anda.

Begitupun dengan BNI Debit Online yang masing-masing punya data informasi dalam bentuk VCN BNI untuk membedakan satu sama lain dan sebagai pengganti nomor asli kartu debit BNI secara virtual.

Selain itu, VCN juga berfungsi sebagai sistem keamanan dalam bertransaksi online karena hanya berlaku beberapa saat. Jika ingin bertransaksi online kembali Anda perlu melakukan request ulang VCN baru.

Jika sudah paham apa itu VCN BNI, kita lanjut bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat VCN BNI

Karena sifat VCN BNI dinamis atau berubah ubah setiap kali akan melakukan transaksi online maka untuk membuat VCN ini pun dilakukan secara online. Sebaiknya Anda mengetahui lebih dari satu metode untuk membuat VCN BNI agar memudahkan transaksi Anda dimasa depan.

Sebelum Anda membuat VCN BNI, pastikan semua persyaratan menggunakan BNI Debit Online sudah terpenuhi seperti mempunyai rekening tabungan/giro, kartu debit BNI berlogo MasterCard, melakukan registrasi serta aktivasi BNI SMS Banking dan BNI Mobile Banking.

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi dan Anda ingin bertransaksi menggunakan BNI Debit Online, berikut beberapa cara membuat VCN BNI.

1. Cara Membuat VCN BNI Melalui SMS Banking

Cara membuat VCN BNI melalui SMS Banking ini pada dasarnya sangat mudah dilakukan namun itu tadi, Anda perlu terlebih dahulu mengaktifkan SMS Bangking di kantor cabang BNI terdekat di kota Anda.

Jika sudah punya SMS Banking langsung lakukan request VCN BNI saat akan melakukan transaksi menggunakan BNI Debit Online dengan cara:

  1. Ketik “BELI VIRTUAL CARD NUMBER 50000”, tanpa tanda kutip lalu kirim ke 3346. 50000 itu adalah jumlah nominal yang akan Anda pakai untuk bertransaksi online pada merchant yang menggunakan metode pembayaran BNI Debit Online.
  2. Nantinya BNI akan mememinta Anda untuk memasukkan dua digit PIN SMS Banking Anda secara acak.
  3. Jika sukses, Anda akan menerima sms balasan berupa kode 16 digit VCN serta 3 digit kode keamanan CVC2.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Source: bni.co.id

2. Cara Membuat VCN BNI Melalui BNI USSD

Cara membuat VCN BNI berikutnya menggunakan kode dial dan ini merupakan metode paling mudah untuk membuat VCN BNI, berikut caranya.

Masukkan kode akses di ponsel Anda sesuai dengan provider seluler masing-masing.

  • Pengguna kartu Telkomsel dial ke *141*1#
  • Pengguna kartu Indosat dan XL dial ke *141*2#

Setelah melakukan dial akan tampil pilihan beberapa menu, berikut langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Pilih menu “e-commerce”
  • Pilih menu “e-payment”
  • Pilih menu “BNI Debit Online” (VCN)
  • Masukkan angka nominal BNI Debit Online. Tanpa Rp, koma maupun titik.
  • Masukkan dua digit PIN random SMS Banking Anda
  • Jika sukses nantinya akan ada notifikasi sms yang Anda terima seperti pada metode pertama

3. Cara Membuat VCN BNI Melalui Aplikasi BNI SMS Banking

Anda yang menggunakan smartphone baik itu Android atau iOS bisa membuat VCN BNI melalui aplikasi BNI SMS Banking yang dapat Anda download di Play Store atau AppStore jika menggunakan iOS.

Jika Anda sudah download aplikasinya ikuti cara berikut untuk membuat VCN BNI.

Buka aplikasi BNI SMS Banking lalu pilih menu e-commerce.

Source: bni.co.id

Setelah itu pilih e-payment.

Source: bni.co.id

Nantinya tampil halaman pengisian nominal, isi sesuai yang Anda butuhkan. Jika sukses akan ada notifikasi terkirim ke nomor telepon Anda seperti gambar ini.

Source: bni.co.id

4. Cara Membuat VCN BNI Melalui BNI Mobile Banking

Cara membuat VCN BNI selanjutnya menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking yang bisa juga Anda download di Play Store dan AppStore. Namun seperti halnya saat akan menggunakan BNI SMS Banking, Anda terlebih dahulu perlu mendaftarkan nomor telepon dan membawa smartphone yang akan digunakan ke cabang BNI terdekat di kota Anda untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Jika aplikasi BNI Mobile Banking Anda sudah dapat digunakan lakukan request VCN BNI apabila hendak menggunakan BNI Debit Online bertransaksi.

  1. Pilih Menu BNI Debit Online
  2. Pilih Buat BNI Debit Online Baru
  3. Centang Syarat dan Ketentuan BNI Debit Online kemudian klik Saya Setuju
  4. Pilih Rekening Debet, Tujuan Transaksi, Masa Berlaku. Setelah itu masukkan Limit Nominal BNI Debit Online
  5. Masukkan password transaksi dalam hal ini PIN BNI Mobile Banking Anda
  6. Jika berhasil akan tampil notifikasi dilayar smartphone Anda yang menyatakan “Request BNI Debit Online Berhasil”

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar berikut ini yang menjelaskan langkah demi langkah membuat VCN BNI.

Source: bni.co.id

Sekian artikel Cara Membuat VCN BNI ini. Apabila ada kendala yang Anda alami selama proses membuat VCN BNI, jangan ragu untuk ke kantor cabang BNI terdekat dari lokasi Anda atau hubungi Call Center BNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *