Join us in Telegram

Cara Membuat Stiker Whatsapp Sendiri di HP Android

Cara Buat Stiker WA Sendiri – Whatsapp adalah aplikasi chatting yang paling populer saat ini. Hampir semua instansi pemerintah dan swasta menggunakan WA sebagai sarana untuk berbagi informasi antar anggota di dalamnya. Walaupun memiliki keterbatasan dalam hal jumlah karakter yang diketik, Whatsapp tetap menjadi nomor 1 karena simpel dan fleksibel dalam penggunaannya.

Whatsapp menawarkan banyak sekali fitur untuk penggunanya, salah satu yang paling diminati adalah fitur stiker yang beranekaragam. Whatsapp saya katakan fleksibel / tidak kaku, dapat dilihat dari kebijakan WA yang tidak hanya mewajibkan penggunanya menggunakan stiker / emot bawaan yang disediakan oleh pihak Whatsapp. WA memberikan keleluasaan bagi siapapun yang ingin berkreasi membuat stiker whatsapp versi mereka sendiri. Anda dapat membuat stiker whatsapp sebanyak apapun itu, seperti apa model dan jenisnya, semua bebas Anda lakukan.

Itulah sebabnya Anda sering melihat berbagai macam bentuk stiker yang dikirim orang melalui pesan Whatsapp. Bahkan banyak dari mereka membuat stiker untuk menjadi bahan lelucon antar member di grup WA. Ada yang menjadikan foto wajahnya sendirilah jadi stiker WA, ada pula yang menjadikan foto aib teman (lagi ngupil misalnya) berisikan teks lelucon yang membuat kita tertawa melihat dan membaca pesan stiker tersebut. Hal ini membuat orang-orang betah menggunakan WA sebagai aplikasi chating utama di HP Android mereka.

Namun pernahkah Anda berpikir untuk bisa membuat stiker WA sendiri langsung melalui handphone Anda? Apabila Anda orang yang asyik, seru, tidak garing, pasti sesekali pernah terbesit di pikiran Anda untuk membuatnya. Saya sendiri di waktu luang sering membikin stiker guyonan teman saya sendiri. Karena menurut saya ada kepuasan sendiri apabila kita berhasil membuat stiker dengan rapi, jelas, teks nya lucu, dan membuat orang-orang tertawa melihat stiker yang kita buat.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara pembuatan stiker WA, berikut saya bagikan langsung tutorialnya lengkap disertai dengan gambar. Silahkan Anda praktekan dengan teliti dan seksma agar hasil stiker yang Anda buat memuaskan.

Peralatan yang diperlukan

Cara Membuat Stiker Whatsapp Sendiri di HP Android

Siapkan objek gambar atau foto

Langkah yang paling pertama harus Anda lakukan adalah menyiapkan objek gambar maupun foto yang ingin dijadikan sebagai stiker. Anda bisa cari objek gambar yang lucu dari berbagai sumber internet, bisa di Google Image, Instagram, Facebook, dan lainnya. Ataupun Anda bisa mencari objek gambar di gallery HP Anda sendiri. Foto aib teman misalnya atau yang lainnya. Berikut contoh objek foto yang akan saya gunakan sebagai stiker.

Edit objek gambar atau foto

Langkah selajutnya, yaitu Anda harus melakukan editing terhadap objek. Editing yang dilakukan yaitu membuat transparan objek gambar Anda, setelah gambar transparan silahkan tambahkan teks guyonan Anda. Setelah semua clear, finishing dengan lakukan crop pada objek, mampatkan sisi atas bawah kanan kiri objek agar objek agar ukuran stiker yang tampil di WA bisa maksimal (tidak kekecilan). Disinilah Anda bisa menggunakan aplikasi Picsart dan Background Eraser untuk membantu pekerjaan Editing. Apabila Anda masih pemula berikut saya bagikan step by stepnya.

1. Buka aplikasi Background Eraser

2. Load objek gambar Anda

3. Hapus background secara manual ataupun menggunakan fitur Magic (apabila background yang dihapus memiliki kesamaan warna)

4. Setelah background sudah bersih, silahkan klik Done di pojok kanan atas

5. Atur Smooth sesuai keinginan Anda, klik Save > Finish

6. Buka aplikasi Picsart, load gambar yang sudah dihapus backgroundnya

7. Tambahkan teks guyonan Anda dengan memilih opsi Teks. Silahkan masukkan teks yang Anda inginkan

8. Pilih jenis font dan ukuran font nya. Bila perlu tambahkan Coretan pada font agar teks tampil dengan jelas.

9. Apabila sudah Anda clear masukan teks, klik opsi Alat, lalu potong objek. Mampatkan sisa atas bawah kiri kananya.

10. Finish, klik tanda “Next” di pojok kanan atas, lalu pilih Simpan.

Membuat objek gambar menjadi stiker

Disinilah Anda memerlukan aplikasi Stiker Pribadi untuk Whatsapp. Aplikasi ini berguna untuk memasukan objek gambar yang telah Anda buat ke dalam aplikasi WA. Sehingga nanti akan tambil di menu Stiker pada Whatsapp.

1. Buka aplikasi Stiker Pribadi untuk Whatsapp

2. Cari Folder Picsart yang berisikan gambar-gambar hasil editing melalui Picsart

3. Kemudian klik Tambahkan ke Whatsapp. Maka secara otomatis objek yang telah Anda buat di Picsart tadi akan menjadi Stiker dan siap digunakan di aplikasi WA.

Gimana guys, cukup mudah bukan Cara Membuat Stiker Whatsapp Sendiri di HP Android. Dari tiga langkah yang sudah dijelaskan di atas, yang menguras waktu paling banyak yaitu di langkah kedua, Edit objek gambar atau foto. Tapi itu tak kan menjadi halangan apabila Anda sudah hobi dan gemar membuat stiker untuk dijadikan bahan ledekan kawan-kawan yang lain. Hahaha. Pengalaman pribadi saya nih. Selamat mencoba ya.

Bagikan:

Leave a Comment