Join us in Telegram

Cara Membuat & Menambahkan Lokasi di Google Maps

Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps – Pernahkan terlintas di pikiran Anda untuk membuat alamat rumah kita di Google Maps? Misalnya Anda ingin membuat lokasi baru dengan nama Rumah Agus Kroco. Keren sekali bukan kalau ada teman-teman kita yang menanyakan lokasi rumah kita, ya kita tinggal beri tahu mereka, “Ketik aja di google maps Rumah Agus Kroco”, hahaha. Ini mempermudah orang lain yang belum mengetahui alamat lokasi yang ingin Anda berikan.

Apa sih Google Maps itu? Google Maps adalah layanan dari Google yang mempunyai kemampuan untuk melihat gambar peta bumi secara online. Jadi Anda tidak perlu lagi membawa buku Atlas ataupun Globe untuk menuju ke suatu lokasi. Cukup dengan aplikasi Maps (Google Maps) saja Anda sudah dapat berkelana kemanapun kapanpun, asalkan punya duit ya, hahaha. Oiya, Google Maps ini memerlukan akses ke GPS HP Anda untuk dapat menggunakan layanannya.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh Google Maps dibandingkan dengan aplikasi peta online lainnya. Salah satu fitur yang bermanfaat bagi Anda pernah saya share sebelumnya yaitu cara cek lokasi hp pacar lewat google maps. Selain itu Anda juga dapat mengukur jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain, estimasi waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan, google assistant yang memungkinkan Anda menuju lokasi tujuan via suara (ucapan), dan masih banyak lagi lainnya.

Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi Tutorial Google Maps kepada Anda semua, yaitu tentang Cara Membuat Lokasi Baru di Google Maps. Ini sangat bermanfaat bagi siapapun, mau mereka penggangguran, pengusaha, manager perusahaan, pegawai perkantoran. Dengan menambahkan lokasi di google maps, akan membantu siapapun yang ingin menuju ke lokasi tersebut.

Mereka yang ingin menanyakan alamat lokasi rumah, kantor, usaha tidak perlu turun ke jalan, menanyakan orang-orang di sekitar, alamat ini dimana ya pak, di sebelah mananya, berapa kilo lagi dari sini. Cukup dengan membuka aplikasi Google Maps, ketik tujuan lokasi di menu pencarian, dan hasil nya pun keluar, Google Maps akan langsung memandu Anda mencapai alamat lokasi dengan cepat dan selamat. Baik supaya tidak kelamaan berikut saya bagikan Tutorialnya.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps via HP Android & iPhone

  1. Buka aplikasi Google Maps aka Maps melalui handphone Anda
  2. Pilih tab menu “Kontribusi
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 01
  3. Pilih “Tambahkan Tempat
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 02
  4. Isi form yang tersedia, mulai dari Nama, Kategori, Lokasi (wajib) dan Jam Buka, Kontak, Situs (optional)
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 03
  5. Setelah terisi semua dengan benar, tekan tombol “Kirim” di pojok kanan atas.
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 04
  6. Selesai

Perlu Anda ingat, penambahan lokasi baru di Google Maps membutuhkan proses peninjauan terlebih dahulu sebelum lokasi yang Anda buat tampil di publik. Jadi harap bersabar saja, apabila form yang diisi sesuai dan benar, tak butuh waktu lama kok untuk peninjauan dari Google. Selain membuat lokasi Google Maps via Hp, Anda juga bisa melakukannya via Laptop / PC ya. Berikut caranya guys.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps via Laptop / PC

  1. Buka situs resminya Google Maps
  2. Login dengan akun Google Anda terlebih dahulu dengan klik icon di pojok kanan atas
  3. Setelah itu, klik icon “Garis Tiga” di pojok kiri atas, lalu scroll ke bawah cari opsi “Add a missing place”
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 05
  4. Masukkan Nama, Kategori, Lokasi di form yang tersedia, sama seperti lewat HP
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 06
  5. Klik tombol Send
    Cara Buat Lokasi Baru di Google Maps 07
  6. Selesai

Gimana guys, sangat mudah bukan Cara Membuat & Menambahkan Lokasi di Google Maps? Apabila lokasi Anda sudah tampil secara publik. Jangan lupa untuk melakukan klaim dan verifikasi terhadap lokasi yang Anda buat ya. Itu untuk memastikan bahwa itu benar-benar milik Anda dan Anda yang menempati lokasi tersebut. Apalagi jika ada seorang pengusaha, pemilik dari perusahaan, claim dan verifikasi itu sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana caranya? Tenang nanti akan admin bagikan di postingan selanjutnya ya, see you guys. Terimakasih.

Bagikan:

Leave a Comment