Join us in Telegram

Cara Membuat Label Nama Undangan di Ms Word

Cara Mudah Bikin Label Undangan 103 dan 121 di Ms Word – Apakah Anda akan menggelar suatu perhelatan acara Pernikahan / Aqiqahan / Peresmian dan lainnya? Apabila iya, maka pasti Anda akan mengundang beberapa orang yamg dikenal sebagai tamu undangan yang diharapkan hari pada saat acara tersebut berlangsung nantinya. Karena tidak mungkin Anda mengadakan suatu pesta / acara tanpa mengundang siapapun untuk hadir.

Undangan adalah komponen yang sangat penting dalam hal ini. Di dalam undangan akan tersurat inti dari pelaksanaan acara serta kapan dan dimana acara tersebut akan berlangsung. Tidak lupa juga di cover (halaman) depan surat undangan akan dicantumkan kepada siapa nantinya undangan tersebut ditujukan.

Pada umumnya, jasa pembuatan kartu undangan hanya mendesain dan mencetak kartu undangan yang And buat, tidak ada yang menanyakan apakah mau saya buatkan label nama undangannya juga. Setelah semua undangan tercetak, maka selanjutnya tugas Anda lah untuk membuat label nama undangan tersebut dengan cara mencetaknya lewat Microsoft Word. Anda tidak perlu panik dan stress, melalui artikel ini, saya akan menjawab permasalahan yang Anda miliki, agar label undangan tercetak dengan rapi, indah, mudah, dan cepat.

Peralatan yang dibutuhkan

  • Microsoft Excel
  • Microsoft Word
  • Printer
  • Penggaris
  • Label stiker undangan kode 103, dengan ukuran standar 3,2 cm x 6,4 cm. Berikut penampakannya.
Label Undangan 103

Cara Buat Label Nama Undangan

Membuat Daftar Nama dan Alamat

Langkah pertama yaitu Anda harus membuat list daftar nama yang akan diundang berikut Alamat rumahnya dimana. Anda dapat menggunakan Ms. Exel untuk membantu pekerjaan Anda. Untuk Alamat bisa Anda tuliskan “Tempat” juga ya, sesuai keinginan Anda. Berikut step by step membuat daftar nama dan alamat menggunakan Ms. Excel.

1. Buka Ms. Excel. Klik File > New > Blank Workbook

2. Pada kolom A ketik “Nama” dan kolom B ketik “Alamat

3. Tuliskan nama-nama beserta alamatnya secara menurun sampai berapun label undangan yang ingin Anda buat

buat-label-undangan-01

4. Setelah selesai, silahkan Anda Save file nya, beri nama “LIST_UNDANGAN

buat-label-undangan-02

Membuat Layout Label Stiker Undangan Kode 103

Langkah kedua yaitu Anda akan membuat layout label undangan dengan kode 103. Layout disini berarti tata letak dan ukuran kertas label 103 yang disesuaikan dengan lembar kerja di Ms. Word. Disinilah Anda memerlukan penggaris untuk membantu proses pengukuran kertas label yang sudah dibeli sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Ms. Word, pilih File > New > Blank Document

2. Lalu menu Mailings > Start Mail Merge > Labels

3. Pilih New Labels > lalu OK

4. SIlahkan Anda custom ukuran disesuaikan dengan label stiker undangan kode 103. Anda dapat sesuaikan dengan pengaturan di bawah ya biar cepat

buat-label-undangan-03

Keterangan:

  • Label name : untuk memberi nama label
  • Top margin : Jarak lebar margin atas
  • Side margin : Jarak lebar margin pingir
  • Vertical pitch : tinggi label + margin yang berada diantara kedua label secara vertikal
  • Horizontal pitch : lebar label + margin yang berada diantara kedua label secara horizontal
  • Label height : tinggi label
  • Label width : lebar label
  • Number across : jumlah kolom label
  • Number down : jumlah baris pada label
  • Page size : pilih custom saja
  • Page width : lebar pada lembar label tersebut
  • Page height : tinggi pada lembar label tersebut

5. Jika sudah sesuai ukurannya, silahkan Anda klik OK > OK lagi, maka akan keluar halaman Microsoft word yang sudah terbentuk kolom seperti pada kertas label undangan. Artinya Layout Label Stiker Undangan Kode 103 sudah jadi. Dan siap lanjut ke langkah berikutnya.

Memasukkan Daftar Nama dan Alamat ke dalam Layout Label Undangan

Selanjutnya yaitu Anda akan menginput Daftar Nama dan Alamat yang telah dibuat melalui Ms. Excel ke dalam bentuk format layout Label Undangan yang sudah dibentuk tadi. Berikut step by step nya.

1. Letakkan kursor Anda pada label kolom 1 baris 1.

2. Klik Menu Mailings > pilih Select Recipients > Use Existing List > cari file LIST_UNDANGAN (file yang dibuat pada langkah pertama) > lalu Open

3. Kemudian pilih sheet “Sheets1$” > Ok

buat-label-undangan-04

4. Untuk menyisipkan Nama, pilih menu Mailings > pilih Insert Merge Field > “Nama

5. Kemudian letakan kursor Anda di bawah nama dengan cara klik tombol Enter pada keyboard, Tambahkan “Di”, lalu klik Enter lagi.

6. Untuk memasukan Alamat dengan cara ulangi langkah nomor 4, pilih menu Mailings > pilih Insert Merge Field > “Alamat

buat-label-undangan-05

7. Silahkan Anda edit Font Type dan Font Size, serta spasinya sesuai selera Anda. Gunakan Text-Align Center ya. Oya untuk mempermudah visual Anda silahkan aktifkan terlebih dahulu All Borders nya ya.

8. Untuk mengisi kolom dan baris selanjutnya dengan Nama dan Alamat secara otomatis. Silahkan Anda klik Menu Mailings > Update Labels. Jika sudah maka akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

buat-label-undangan-06

9. Langkah terakhir, untuk memasukan data nama dan alamat ke layout yang disediakan, pilih menu Mailings > klik Finish & Merge > pilih Edit Individual Documents. Akan muncul pemberitahuan kemudian pilih All > Ok. Dan tara file akan terupdate secara otomatis.

buat-label-undangan-07
buat-label-undangan-08

10. Sebelum dicetak jangan lupa hilangkan terlebih dahulu bordernya ya, dengan cara pilih No Borders.

Apabila Anda menggunakan Stiker Label Undangan dengan Kode 121, maka tinggal disesuaikan saja ya dengan pengaturan Layout Label di Langkah Kedua. Untuk ukurannya silahkan Anda cari di Google ya.

Baik demikianlah Tutorial lengkap Cara Membuat Label Nama Undangan di Ms Word. Semoga bisa membantu Anda yang mengalami kendala dalam hal pembuatan Label Undangan. Dan semoga perhelatan acara Pernikahan / Aqiqahan / Peresmian Anda dapat berjalan dengan lancar ya.

Bagikan:

Leave a Comment