Join us in Telegram

Cara Membuat Filter IG (Instagram) Sendiri dengan Spark AR Studio

Tutorial Lengkap Buat Filter IG Story Sendiri dengan Mudah – Akhir-akhir ini lagi trending filter instagram yang menggunakan namanya sendiri. Pasti Anda pun pernah melihat hal itu, yang mana kawan Anda di IG membuat filternya sendiri. Sebenarnya untuk dapat membuat filter IG itu susah-susah gampang, karena Anda tidak bisa pure hanya dengan bermodalkan HP saja, namun Anda harus mempunyai PC yang sudah terpasang Adobe Photoshop dan software inti Spark AR Studio. Nah, apa itu Spark AR Studio?

Spark AR Studio adalah sebuah platform AR (Augmented Reality) besutan Facebook yang memungkinkan Anda untuk membuat efek AR pada kamera HP smartphone Anda. Spark AR Studio dirancang untuk mempermudah para kreator dari berbagai tingkatan kemampuan yang berbeda, bahkan orang awam sekalipun dapat menghadirkan pengalaman Augmented Reality di Instagram. Saat ini Spark AR Studio sudah tersedia versi 113. Anda dapat mendownload software ini melalui link button di bawah.

Tutorial pembuatan filter IG yang akan saya bagikan kali ini yaitu dengan membuat efek color grading. Karena saya rasa inilah yang paling diminati oleh kebanyakan orang, dibandingkan dengan efek-efek alay, seperti menambahkan telinga kelinci, lidah anjing, mata babon, dan lainnya hahaha. Dengan efek color grading Anda bisa membuat filter yang menarik, dengan memanfaatkan brightness, exposure, kontras, dan lain-lain. Bisa Anda praktekan sendiri nanti langsung menggunakan Adobe Photoshop.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda saya wajibkan untuk membuat sebuah berkas LUT terlebih dahulu. LUT (Look Up Table) berfungsi untuk menerapkan sebuah ruang warna ke ruang warna baru sesuai dengan data yang terdapat pada LUT tersebut. Anda saya sarankan menggunakan software Adobe Photoshop untuk membantu pekerjaan Anda dalam proses pembuatan LUT. Caranya gampang kok, Anda tidak usah ambil pusing dulu ya. Maru Studio sudah menyediakan sebuah proyek Photoshop yang dapat Anda gunakan untuk membuat LUT secara gratis. Untuk project LUTs dapat Anda unduh melalui button link di bawah.

Langkah 1. Cara Membuat LUT menggunakan Adobe Photoshop

  1. Silahkan Anda buka project LUTs-PTS.psd yang sudah diunduh tadi menggunakan Adobe Photoshop. Kemudian atur warna yang ingin Anda terapkan pada filter Instagram. Kreasikan filter yang ingin Anda buat dengan menambahkan pengaturan-pengaturan, seperti Brigthness, Kontras, Color Balance, Exposure, dan lain-lain
Cara Buat LUTs 01
  1. Jika Anda sudah merasa puas dengan color grading yang dihasilkan, silahkan Anda simpan berkas LUT yang telah Anda buat. Klik kanan pada folder Your LUT, kemudian pilih Quick Export as PNG.
Cara Buat LUTs 02
  1. Berikut adalah contoh berkas LUT yang akan digunakan pada Spark AR Studio.
Cara Buat LUTs 03

Langkah 2. Cara Membuat Filter IG menggunakan Spark AR Studio

  1. Silahkan Anda buka Spark AR Studio. Tampilan awal software ini memang banyak sekali terdapat template dasar yang sudah ready untuk Anda gunakan membuat filter, jika Anda ingin mencoba template bawaan Spark AR silahkan saja, namun pada tutorial kali ini kita akan membuat project sendiri. Jadi, silahkan Anda pilih Create New > Blank Project.
Cara Buat Filter IG 01
  1. Berikut merupakan tampilan awal dashboard Spark AR Studio. Di bagian kiri, Anda dapat melihat panel Scene dan Assets. Panel Scene berisi berbagai objek yang dapat Anda gunakan di dalam proyek nanti. Sementara di bagian kanan, Anda dapat mengatur properti dari tiap objek dan assets yang dimiliki.
Cara Buat Filter IG 02
  1. Step berikutnya Anda membutuhkan sebuah patch untuk menerapkan LUT. Teman-teman bisa unduh berkasnya di tautan ini. Tambahkan berkas LUT dan patch FastColorLUT.arp ke dalam proyek melalui menu Import > From Computer pada panel Assets. Pilih berkas LUT yang sudah kita unduh, kemudian beri centang pada pilihan Manual Compression > No Compression yang terdapat di panel sebelah kanan.
Cara Buat Filter IG 03
  1. Selanjutnya, silahkan Anda menambahkan sebuah objek Canvas. Teman-teman dapat menambahkan objek melalui menu Add Object maupun dengan melakukan klik kanan pada panel Scene. Di dalam canvas, tambahkan sebuah objek Rectangle. Nantinya Anda akan menerapkan LUT pada objek ini.
Cara Buat Filter IG 04
  1. Jika sudah, pada panel sebelah kanan, klik tanda “+” di sebelah Materials. Maka Anda akan melihat sebuah material baru pada panel Assets. Berikut tampilan project saat ini.
Cara Buat Filter IG 05
  1. Lalu silahkan Anda atur objek rectangle supaya dapat menyesuaikan dengan ukuran layar tiap HP. Ubah ukuran objek menjadi fill width dan fill height. Tambahkan pinning untuk menjaga ukuran objek agar sesuai dengan ukuran layar.
Cara Buat Filter IG 06
  1. Selanjutnya ekstrak tekstur kamera dari objek Camera. Tekstur kamera berfungsi untuk menampilkan video live yang direkam oleh kamera HP. Pilih objek Camera, lalu klik tanda + di sebelah Texture Extraction. Hasil dari ekstraksi kamera dapat Anda lihat pada panel assets.
Cara Buat Filter IG 07
  1. Langkah selanjutnya Anda menggunakan patch FastColorLUT untuk menerapkan LUT pada material objek rectangle. Sebelum menggunakan patch, Anda harus menampilkan patch editor terlebih dahulu. Caranya, klik View > Show/Hide Patch Editor.
Cara Buat Filter IG 08
  1. Masukkan asset LUT, tekstur kamera, dan patch FastColorLUT ke dalam patch editor. Cukup lakukan drag & drop pada asset. Perlu Anda ketahui bahwa patch tersebut membutuhkan 2 buah inputan, yaitu berkas LUT dan Tekstur. Maka dari itu kita juga menambahkan berkas lut dan tekstur kamera ke dalam patch editor.
Cara Buat Filter IG 09
  1. Lalu tambahkan juga material ke dalam patch editor. Berbeda dengan langkah sebelumnya, Anda hanya menambahkan patch pada tekstur dari material tersebut. Sebelum membuat patch, Anda ubah terlebih dahulu Shader Type pada material menjadi Flat. Kemudian klik tanda panah di sebelah tulisan Texture untuk membuat patch. Patch yang telah Anda buat akan muncul pada patch editor.
Cara Buat Filter IG 10
  1. Langkah terakhir, hubungkan tiap patch pada patch editor. Jika Anda menghubungkan tiap patch dengan benar, maka warna yang terdapat pada video preview akan sesuai dengan berkas LUT yang sudah Anda buat sebelumnya.
Cara Buat Filter IG 11
  1. Anda dapat menjalankan proyek tersebut pada HP smartphone. Unduh terlebih dahulu aplikasi Spark AR Player yang tersedia untuk smatphone OS Android dan iOS. Selain itu kita juga dapat menjalankannya pada Facebook dan Instagram Camera.
Cara Buat Filter IG 12

Wow, gimana menurut Anda Tutorial Lengkap Buat Filter IG (Instagram) Sendiri dengan Spark AR Studio. Memang panjang sih, tapi jangan mudah menyerah ya. Tutorial ini sudah saya lengkapi dengan gambar step by step nya untuk mempermudah Anda mempratekkannya. Linknya unduh tools nya semua pun sudah saya berikan. Sekarang tinggal niat dan usaha Anda untuk serius membuat filter IG Story sendiri.

Bagikan:

Leave a Comment