Join us in Telegram

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Ms Word

Cara Membuat Daftar Isi di Ms Word – Pada kesempatan kali ini admin kembali akan membagikan Tutorial Ms Word kepada Anda semua para pelajar / mahasiswa. Tutorial yang akan admin bagikan kali ini yaitu tentang bagaimana cara membuat daftar isi secara manual di Ms. Word setelah sebelumnya admin membagikan cara buat label undangan di Ms Word. Daftar isi ini biasanya Anda buat ketika menyusun sebuah karya tulis, baik itu makalah, skripsi, tesis, dan lainnya.

Daftar isi ini memudahkan pembaca karya tulis Anda dalam melihat pokok bahasan dan sub-sub pokok bahasan yang di dalamnya. Adapun komponen dari Daftar Isi, yaitu Judul Daftar Isi, Heading, Sub-heading, dan Nomor Halaman. Daftar Isi yang baik adalah daftar isi yang tertulis dan tertata dengan rapi, susunan heading dan sub-heading nya jelas, yang mana sub-heading menjorok ke dalam yang memberikan pemahaman bahwa sub-heading bagian dari heading.

Membuat Daftar Isi di Word sesungguhnya dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara yang manual dan cara otomatis. Cara manual yaitu dengan memanfaatkan fitur Tabulasi yang ada di Ms. Word dan cara otomatis memanfaatkan fitur Table of Contents. Dapat saya berikan gambaran sedikit, dilihat dari segi efisiensi waktu, memang membuat daftar isi dengan menggunakan fitur Table of Contents lebih cepat, namun dilihat dari kerapian dan fleksibelitas dalam pengeditan saya lebih menyarankan Anda membuat Daftar Isi secara manual menggunakan fitur Tabulasi.

Karena jujur saya sendiri orang nya perfeksionis, lebih memikirkan kerapian dan estetika dibandingkan dengan kecepatan. Ketika Anda membuat daftar isi dengan menggunakan tabulasi, Anda hanya perlu melakukan settingan awal tabulasi saja. Setelah settingan selesai, daftar isi juga akan dibuat dengan praktis dan gampang. Saya jamin Anda lebih menyukai daftar isi yang dibuat secara manual dengan menggunakan fitur Tabulasi. Baik, tidak beralam-lama berikut saya bagikan tutorialnya.

Cara Membuat Daftar Isi di Ms Word

1. Silahkan Anda buka Ms. Word di PC Anda, tahun berapa pun itu mau Word 2007, Word 2010, Word 2013, Word 2016, termasuk yang terbaru Word 2019.

2. Silahkan Anda atur terlebih dahulu Jenis Font, Ukuran Font, Line and Paragraph Spacing, dan Margin (di menu Layout > Page Setup > Margin) sesuai dengan standarisasi penulisan karya tulis Anda.

3. Ketik Judul “Daftar Isi” terlebih dahulu. Tebalkan dan posisikan ditengah-tengah.

Cara Buat Daftar Isi Word 01

4. Kemudian tekan tombol Enter 2 (dua) kali, lalu mulai menulis Judul dan Sub-Judulnya. Sebagai contoh saya menulis BAB I PENDAHULUAN.

Cara Buat Daftar Isi Word 02

5. Untuk mulai mengatur Tabulasi, silahkan Anda klik icon Paragraph Settings di menu Home, lalu pilih Tabs.

Cara Buat Daftar Isi Word 03
Cara Buat Daftar Isi Word 04

6. Disinilah Anda akan mulai setting awal tabulasi untuk mengatur respon ketika Anda menekan tombol Tab pada keyboard. Ada beberapa opsi yang perlu diatur, berikut admin berikan penjelasannya.

Cara Buat Daftar Isi Word 05
  • Tab Stop Position: Silahkan Anda masukkan angka dalam satuan cm. Dikarenakan saya menggunakan kertas A4 dan margin 4 4 3 3. Maka pengaturan yang cocok untuk membuat daftar isi yaitu dengan mengisi angka 13.5 cm. Ini berarti ketika Anda menekan tombol Tabs, maka posisi akan terhenti di 13.5 cm dari sisi kiri halaman.
  • Alignment: untuk mengatur rataan dari daftar isi yang dibuat. Silahkan Anda pilih Left.
  • Leader: untuk mengatur jenis karakter yang akan tampil ketika Anda tekan tombol Tab pada keyboard. Dikarenakan dalam pembuatan daftar isi menggunakan karakter titik-titik “…”, jadi silahkan Anda pilih Leader nomor 2.

7. Klik Set. Lalu klik OK.

8. Silahkan Anda tekan tombol Tab, maka hasilnya akan seperti ini

Cara Buat Daftar Isi Word 06

9. Arahkan kursor pada bagian pojok kiri atas lembar kerja Anda. Lalu ganti Left Tab menjadi Right Tab dengan cara klik icon Tab tersebut.

Cara Buat Daftar Isi Word 07

10. Lalu letakkan Right Tab pada penggaris lembar kerja. Disini saya meletakannya di 14.25 cm. Sampai disini setting tabulasi untuk membuat daftar isi di Ms Word sebenarnya sudah selesai, sekarang tinggal penerapannya saja.

Cara Buat Daftar Isi Word 08

11. Kembali lagi ke BAB I PENDAHULUAN tadi, klik tombol Tab lagi, lalu masukkan nomor halaman nya.

Cara Buat Daftar Isi Word 09

12. Tekan Enter, masukan Sub Pokok Bahasan dari BAB I tadi, tekan tombol Tab 2x, masukkan nomor halaman, Begitu seterusnya hingga daftar isi yang ingin Anda buat selesai.

Cara Buat Daftar Isi Word 10

Baik demikianlah Tutorial Ms Word yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat membantu Anda semua yang menemui kesulitan tentang bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Manual di Ms Word (Tidak Otomatis). Cara ini benar-benar gampang apabila Anda sudah sering menggunakan Ms. Word. Inti dari tutorial ini yaitu pengaturan Tabulasi pada langkah No. 6. Setelah pengaturan selesai, tinggal penerapannya saja memasukan Judul dan Sub-Judul isi karya tulis Anda. Ini saya katakan tidak sepenuhnya manual, karena ketika Anda selesai setting Tabulasi, titik daftar isi akan secara otomatis bisa dibuat dengan menekan tombol Tab.

Bagikan:

Leave a Comment