Cara Membuat Bot Telegram
Tutorial

Cara Membuat Bot Telegram Auto Posting ke Channel tanpa Coding

Untuk bisa bisa membuat Bot Telegram, sebenarnya Anda harus memiliki skill programming dikarenakan perintah-perintah yang ada di Bot Telegram bisa dijalankan dengan bantuan alogaritma bahasa pemrograman Phyton.

Namun bagaimana jika Anda tidak mengerti coding, tapi masih tetap ingin mencoba cara membuat Bot di Telegram dengan Phyton. Jawabannya sangat bisa sekali, yaitu dengan bantuan Bot juga, hehehe.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, perlu saya ingatkan kepada Anda semua bahwa yang namanya Bot Telegram itu fungsi dan dan kegunaannya bervariasi. Ada bot telegram untuk download file, ada bot nulis seperti yang sudah pernah saya sampaikan sebelumnya, ada bot auto reply, masih banyak lagi lainnya yang tak mungkin saya sebutkan satu per satu.

Cara membuat bot di Telegram yang akan kita praktekkan kali ini yaitu jenis Bot yang mampu autoposting artikel di blog atau situs Anda ke channel telegram. Ini merupakan salah satu bentuk sarana promosi blog Anda juga kepada para pelanggan yang sudah subscribe di channel telegram blog Anda.

Kalau dulu kita mengenal yang namanya Fanspage Facebook sebagai sarana promosi, kali ini ada yang namanya Channel Telegram. Situs-situs di luar negeri sana sudah banyak sekali yang menggunakan Channel telegram tersebut sebagai sarana diskusi antara pengunjung blog dengan ownernya langsung. Namun di Indonesia baru sedikit blog saja yang menerapkan itu.

Kembali lagi ke topik utama yaitu Cara Membuat Bot Telegram Auto Posting ke Channel tanpa coding. Disini Anda hanya memerlukan beberapa hal, antara lain RSS blog Anda, Channel Telegram, dan @BotFather serta @ManyBot yang digunakan untuk membantu proses pembuatan Bot serta konfigurasi Bot Telegram nantinya.

Tidak perlu berlama-lama lagi berikut saya bagikan langsung tutorial step by stepnya, silahkan disimak dan ikuti dengan seksama.

Baca Juga: Daftar Channel Grup Pemersatu Bangsa Telegram Gratis

Membuat Channel Baru di Telegram

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat channel di telegram terlebih dahulu. Channel ini nantinya akan menampung setiap artikel terbaru yang Anda posting di blog. Bot telegram nanti akan membantu autoposting artikel dari feed URL blog ke channel telegram.

Cara Membuat Channel Telegram
Membuat channel baru di Telegram
  1. Buka aplikasi Telegram > lalu klik ikut tulis di pojok kanan bawah
  2. Pilih opsi Channel Baru. Masukkan Nama Channel dan Deskripsi channel lalu lanjut.
  3. Tipe Channel pilih Channel Publik, lalu silahkan isi tautan publik (wajib). Next lalu tambah pengikut kosongkan saja lalu next lagi
  4. Channel sudah berhasil dibuat, untuk mempercantik channel silahkan Anda ganti foto dengan logo blog kalian

Membuat Bot Telegram dengan BotFather

Langkah selanjutnya yaitu Anda harus membuat Bot Telegram dengan bantuan tools dari BotFather. BotFather sendiri adalah salah satu robot yang paling populer dapat digunakan untuk membuat Bot di Telegram. Akhir yang Anda perlukan dari sini yaitu access token ke Bot Anda.

Cara Membuat Bot Telegram dengan BotFather
Membuat bot baru dengan bantuan @BotFather
  1. Buka aplikasi Telegram > masuk ke menu Pencarian > ketik dan pilih bot “BotFather“, lalu klik Start.
  2. Masukan perintah “/newbot” untuk membuat Bot baru.
  3. Beri nama Bot baru yang ingin Anda buat, wajib diakhiri dengan kata “_bot” atau “bot” di belakangnya.
  4. Bot sudah jadi dan Anda akan mendapatkan kode token untuk mengakses HTTP API.
  5. Silahkan Anda salin kode token tersebut.

Di dalam BotFather Anda juga dapar melakukan beberapa pengaturan penting berikut.

/setname - untuk mengganti nama bot
/setdescription - untuk mengganti deskripsi bot
/setabouttext - untuk mengganti info bot
/setuserpic - untuk mengganti foto profile bot
/setcommands - untuk mengganti daftar perintah
/deletebot - untuk menghapus bot

Konfigurasi Bot dengan ManyBot

Pada tahap 2 tadi sesungguhnya Bot Telegram Anda sudah berhasil dibuat, namun belum bisa berbuat apa-apa dikarenakan belum adanya konfigurasi yang Anda lakukan terhadap Bot baru tersebut. Dalam hal ini pekerjaan Anda untuk konfigurasi Bot dipermudah dengan adanya tools dari ManyBot.

Cara Membuat Bot dengan ManyBot
Proses konfigurasi Bot yang dibuat dengan ManyBot
  1. Buka Telegram > pencarian > ketik dan pilih bot “ManyBot“. Klik Start.
  2. Pilih bahasa yang ingin digunakan. Karena Bahasa Indonesia belum tersedia, pilih saja English.
  3. Pilih opsi “Create a New Bot
  4. Karena disini sebelumnya Anda telah membuat Bot baru dengan BotFather. Langkah selanjutnya pilih saja “I’ve copied the API Token
  5. Setelah ada ada balasan yang memerintahkan Anda untuk mengirim API token ke pesan, silahkan pastekan saja API token yang sudah Anda salin tadi. Lalu kirim.
  6. Pilih “Skip
  7. Selamat Bot Anda telah siap untuk digunakan. Silahkan menuju link bot yang baru Anda buat tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kode Nuklir di Telegram

Autoposting RSS Blog ke Channel Telegram

Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan di dalam tutorial ini, yaitu bagaimana cara autoposting artikel di blog ke Channel telegram. Yang Anda butuhkan disini tentunya RSS Blog. Kalau menggunakan platform WordPress, RSS blog Anda beralamatkan di blogkamu.com/feed/. Silahkan disesuaikan apabila Anda menggunakan platform lain.

Cara Setting Bot Telegram
Melakukan konfigurasi pada bot telegram yang telah dibuat
  1. Buka halaman Bot baru yang telah Anda buat. Saat ini Bot Anda telah dikonfigurasi menggunakan pengaturan dari ManyBot.
  2. Ada 2 perintah yang harus Anda lakukan saat ini, yaitu perintah “/autoposting” dan perintah “/channels“‘
  3. Pertama pilih “Autoposting“, lalu pilih “+RSS feed“. Masukkan RSS feed blog Anda. Contoh feed://caileak.com/feed/, lalu kirim.
  4. Kemudian kembali, pilih “Channels“, lalu Add Channel.
  5. Masukkan username atau link Channel Anda, lalu kirim.
  6. Pilih Send Test Message untuk uji coba channel.
  7. Langkah yang paling terakhir dari yang terakhir yaitu menambahkan Bot yang Anda buat sebagai Administrator di Channel agar Bot dapat mengirim pesan secara otomatis ke Channel.

Baik, itulah 4 langkah yang dapat dilakukan untuk membuat Bot Telegram dengan mudah tanpa coding. Semoga apa yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Dan jangan lupa untuk subscribe channel saya di Telegram ya guys: https://t.me/s/caileak

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *