Cara Melacak HP yang Hilang
Tips & Trik

Cara Melacak HP Android & iPhone yang Hilang

Cara Lacak HP Hilang tanpa IMEI – Tidak seorang pun yang menginginkan HP Android & iPhone mereka hilang begitu saja. Entah HP hilang karena jatuh, ketinggalan, atau bahkan yang paling menyedihkan karena dicuri orang. Anda sebagai pemilik HP Android & iPhone perlu melakukan kiat-kiat awal untuk pencegahan daripada kehilangan HP.

HP Android dan iPhone saat ini sudah bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder / tersier, banyak yang menganggap HP sekarang merupakan kebutuhan primer seseorang. HP ibarat jendela dunia, yang artinya dengan hanya melalui HP Anda dapat mengetahui berita-berita di seluruh belahan bumi dengan cepat dan akurat. Bahkan anak kecil sekali pun rata-rata sudah memiliki HP sebagai sarana hiburan mereka.

HP Android & iPhone yang hilang adalah hal yang paling tidak kita inginkan terjadi pada diri kita. HP menyimpan banyak sekali data-data penting, termasuk data yang bersifat privasi. Ketika hal buruk menimpa Anda, misalnya HP Android / iPhone yang Anda miliki hilang karena dicuri oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Apa yang akan Anda lakukan?

Secara otomatis Anda akan berfikir bagaimana saya bisa mendapatkan / melacak HP yang hilang itu kembali bukan? Mulai muncul di benak Anda gimana ya caranya lacak posisi HP yang hilang, apa perlu saya laporkan ke pihak kepolisian ya. Hal itu merupakan pemikiran wajar yang akan muncul ketika HP Android / iPhone milik Anda benar-benar hilang.

Ketika Anda berada di posisi demikian, harap tenang dulu ya. Setiap permasalahan pasti ada solusinya. Termasuk permasalahan HP Android / iPhone yang hilang, semua bisa diatasi asalkan Anda bersabar dan berdoa. Pada kesempatan ini admin akan memberikan beberapa opsi Cara Melacak HP Android & iPhone yang Hilang.

Opsi yang akan admin bagikan ini benar-benar berdasarkan pengalaman admin pribadi karena saya sendiri pernah kehilangan HP Android di tahun 2018, dan alhamdulillah HP bisa didapat kembali. Penasaran bagaimana cara nya admin mengetahui posisi HP yang hilang? Berikut admin bagikan Tutorialnya kepada Anda semua. Silahkan disimak, dicatat baik-baik ya.

Cara Melacak HP Android yang Hilang via Find My Device

Pertama admin akan membagikan cara gimana caranya Anda bisa mengetahui posisi GPS HP Android yang hilang tanpa memerlukan nomor IMEI HP tersebut. Namun perlu diingat sebelumnya, Anda perlu melakukan upaya pencegahan terlebih dahulu ya, supaya trik ini benar-benar work dan bisa diterapkan untuk melacak HP yang hilang. Berikut 3 syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu:

  • Pastikan HP Android Anda dalam keadaan hidup
  • Pastikan Data Seluler & GPS HP Android Anda aktif
  • Pastikan HP Android sudah tersinkron dengan akun Gmail

Silahkan berikan kode sandi HP Android Anda untuk mencegah orang yang tak bertanggung jawab mematikan HP, mematikkan data seluler, ataupun mematikan GPS HP Anda

Cukup lakukan 3 langkah pencegahan itu dulu sebagai langkah awal untuk bisa melacak HP Android yang hilang. Selanjutnya apa yang perlu Anda lakukan? Silahkan siapkan HP Android lainnya atau via Laptop juga bisa. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser di HP atau Laptop Anda, lalu klik tautan: Find My Device

2. Apabila belum login ke akun Google, Klik icon di pojok kanan atas lalu sign-in akun Google Anda yang sudah tersinkron di HP Android yang hilang

3. Tunggu proses tracking GPS beberapa saat, maka akan muncul posisi GPS HP Android Anda yang hilang.

4. Ada 3 opsi yang bisa Anda lakukan terhadap HP yang hilang.

Cara Melacak HP Android yang Hilang
Melacak HP Android yang Hilang: Find My Device
  • Play Sound: membuat HP Android berdering terus selama 5 menit tanpa henti, kecuali distop / menggunakan tombol power untuk memberhentikan
  • Secure Device: mengunci perangkat HP Android Anda. Selain itu, opsi ini juga bisa menampilkan pesan teks pada layar HP Android yang hilang
  • Erase Device: mengahapus seluruh data yang ada pada perangkat HP Android yang menghilang.

5. Selamat Anda sudah bisa melacak HP Android yang hilang dan melakukan tindakan apa yang diperlukan terhadap HP tersebut.

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang via Find My iPhone

Untuk dapat melacak HP iPhone yang hilang Anda dapat memanfaatkan salah satu fitur yang terdapat di dalam iCloud, yaitu fitur Find My iPhone. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan tracking terhadap posisi iPhone yang hilang baik dalam keadaan mati (offline) maupun hidup (on-line).

Sebagai persyaratan agar HP iPhone Anda bisa dilacak walaupun dalam keadaan mati atau offline, maka Anda perlu menghidupkan fitur Find My iPhone dan fitur Send Last Location. Pada saat Anda mengaktifkan fitur Send last location, maka HP iPhone Anda akan mengirimkan lokasi terakhirnya saat baterai mulai low, sehingga Anda dapat mengetahui lokasi sekitaran dimana HP iPhone tersebut mati.

Cara Melacak Hp iPhone yang Hilang
Melacak HP iPhone yang Hilang: Find My iPhone

Setelah fitur Find My iPhone dan Send Last Location diaktifkan, maka Anda dapat melacak lokasinya saat hilang meskipun dalam keadaan mati atau offline. Anda dapat menggunakan perangkat apple lain seperti iPhone atau iPad dan bisa juga menggunakan laptop (browser). Supaya tidak kelamaan berikut Cara melacak iPhone offline dengan perangkat apple:

  1. Buka Find My iPhone
  2. Terlebih dahulu Anda harus mengeluarkan perangkat akun pemilik perangkat apple yang Anda pinjam
  3. Login dengan akun apple ID Anda (yang terhubung dengan iPhone yang hilang)
  4. Setelah login nanti akan terlihat daftar perangkat yang Anda punya
  5. Pilih jenis / perangkat nama HP iPhone yang hilang
  6. Lokasi HP iPhone yang hilang akan terlihat di Maps.

Cara Melacak HP Android & iPhone yang Hilang via Kepolisian RI

Cara Melacak HP Hilang di Polisi
Melacak HP yang Hilang di Kepolisian

Apabila 2 cara sebelumnya belum bisa Anda lakukan karena faktor tertentu, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melaporkan kejadian kehilangan HP tersebut ke kantor kepolisian setempat. Namun sebelum Anda melaporkan kejadian HP hilang ke pihak berwajib, pastikan terlebih dahulu HP Anda tersebut hilang karena suatu tindak kejahatan ya, bukan karena keteledoran Anda. Kejahatan yang saya maksud bisa dicuri atau digelapkan oleh orang lain.

Bagaimana cara pihak Kepolisian bekerja untuk melacak HP yang hilang akibat dari suatu tindak pidana? Polisi akan menanyakan kepada yang bersangkutan bukti-bukti pendukung bahwa Anda benar menjadi korban dari tindak kejahatan. Bukti pendukung yang sudah pasti yaitu kotak HP yang hilang, dimana di kotak tersebut akan tertera nomor IMEI HP itu. Kemudian bukti transfer pembelian HP. Screenshot chat penipuan dan lain-lain.

Selanjutnya pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan terhadap laporan hilangnya HP Anda akibat tindak kejahatan. Di dalam penyelidikan inilah polisi berusaha mengetahui posisi HP Anda dengan memanfaatkan teknologi dari Polri yaitu pelacakan nomor HP yang terpasang di HP yang hilang. Polri akan berkoodinasi dengan provider yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi dimana posisi keberadaan HP yang hilang tersebut melalui nomor HP nya.

Apabila nomor HP sudah tidak aktif (biasanya karena dicopot oleh pelakunya). Maka selanjutnya polisi akan memanfaatkan teknologi Trace IMEI. Apa itu Trace IMEI? Trace IMEI adalah proses identifikasi nomor HP baru yang terpasang di HP yang hilang. Selama nomor HP baru belum terpasang, maka tidak akan keluar hasilnya sampai menunggu pelaku memasukkan no HP yang baru.

Baik demikianlah Cara Melacak HP Android & iPhone yang Hilang yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga Anda yang membaca konten ini dan benar-benar mengalami musibah kehilangan HP pribadi dapat terbantu ya dengan solusi yang admin berikan. Bagi Anda yang belum pernah kehilangan HP bersyukurlah dan jangan jumawa, karena yang namanya apes kita tidak tahu datangnya kapan. Tetap waspada dan lakukan langkah pencegahan seperti yang sudah admin jelaskan dalam artikel ini, sebelum HP Android / iPhone yang Anda miliki benaran hilang.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *