Cara Daftar di Google News
Blogging

Cara Mendaftarkan Situs ke Google News

Cara Daftar Google News – Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang membahagiakan kepada Anda semua karena kemarin tepat tanggal 5 Juli 2021 situs Cara Tutorial diterima oleh pihak Google News. Saya sangat bahagia sekali, karena setahu saya tidak mudah sebuah situs bisa diterima langsung menjadi publisher di Google News. Apalagi melihat umur situs ini yang masih baru, yaitu sekitar 2 bulanan.

Apakah Anda tahu berapa lama situs ini direview oleh pihak Google News hingga akhirnya bisa diterima? Tak butuh waktu lama lho guys, saya mendaftarkan situs ke Google News pada hari Sabtu, tanggal 3 Juli 2021, pada hari senin malamnya saya iseng buka akun publishercenter, dan tulisan “in review” berubah menjadi “live”. Itu menandakan bahwa situs Caileak.com sudah diterima di Google News, dan setiap update postingan terbaru akan tampil secara otomotis di halaman Caileak Google News.

Situs Caileak Diterima Google News
Situs Caileak.com Diterima di Google News
Halaman Caileak Google News
Halaman Caileak.com Google News

Mendaftar Situs ke Google News merupakan salah satu bentuk dari Optimasi SEO Off Page yang bisa Anda terapkan. Karena Google News merupakan suatu platform Google yang berasal dari luar situs yang dapat mendukung eksistensi situs tersebut di Google Search Engine. Bagaimana tidak, apabila situs Anda sudah tampil di halaman Google News, maka peluang untuk mendaptkan traffik menjadi semakin besar, artikel pun akan semakin cepat terindeks hanya dalam hitungan menit, dan tentunya Anda akan mendapatkan banyak backlink dari situs-situs lain yang menggunakan situs Anda sebagai referensi di situs mereka.

Cara Mendaftarkan Situs ke Google News

Apa itu Google News?

Apa itu Google News
Tampilan Halaman Google News

Dikutip dari Wikipedia, Google News merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. Di dalam Google News, Anda akan dipermudah untuk mencari informasi terutama yang berkaitan dengan Berita yang Trending. Informasi yang disajikan dapat tampil berdasarkan Topik, Tempat, dan Sumber berita

Syarat Daftar Google News

Untuk berhasil diterima di Google News dapat saya katakan susah-susah gampang, karena pihak Google akan benar-benar nya melakukan peninjauan terhadap situs Anda selama beberapa hari, memastikan apakah layak artikel yang Anda publikasikan tampil di deretan berita Google News. Terdapat beberapa persyaratan yang wajib Anda perhatikan disini sebelum mendaftarkan situs Anda ke Google News, ya walaupun tidak sepenuhnya mutlak menjadi indkator Google News dalam menerima sebuah situs website. Namun saya harap Anda sedikit tidaknya ada upaya untuk memenuhi Syarat Daftar Google News berikut yang akan saya jelaskan.

Identitas Situs Jelas

Syarat pertama disini yaitu situs yang Anda miliki harus memiliki identitas yang jelas. Nama situsnya apa, topik yang dibahas apa saja, mempunyai halaman About, TOS, Disclaimer. Termasuk identitas penulisnya pun juga harus jelas. Ada beberapa sumber referensi yang saya baca bahwasanya untuk bisa berhasil mendaftarkan situs ke Google News, situs harus memiliki lebih dari satu penulis. Apabila Anda seorang pemain solo, hal ini bisa Anda atasi dengan membuat penulis bayangan, yaitu dengan menambahkan pengguna baru di situs Anda yang berperan sebagai penulis.

Buatlah Situs dengan Konten yang Berkualitas

Hal ini memang yang paling mutlak menurut saya yang harus situs Anda penuhi. Membuat situs dengan konten yang berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan usaha yang gigih, ketekunan, dan konsistensi dari sang pemilik situs. Situs Anda sama sekali tidak diperbolehkan untuk update konten yang bersifat dilarang, seperti judi, SARA, download ilegal, pornografi, dan lain-lain. Selain itu juga Anda tidak diperkenankan melakukan menerbitkan artikel dari hasil copy paste dari situs lain.

Nah sekedar sharing kembali, berdasar dari beberapa referensi yang saya baca, untuk bisa diterima di Google News, situs yang Anda miliki harus mempunyai niche Berita. Hal ini mungkin bisa dikatakan benar, namun berdasarkan pengalaman admin sendiri ketika mendaftarkan situs Caileak.com dengan niche How To, ternyata masih bisa diterima oleh pihak Google News. Hal itu bisa terjadi ya karena konten yang ada di situs Cara Tutorial memang benar-benar berkualitas, layak ditampilkan kepada para netizen.

Gunakan Template Situs yang Menarik & Responsif

Selanjutnnya Admin menyarankan situs Anda untuk menggunakan template berbau News Magazine, yang menarik dan responsif. Pililah template yang simple tapi elegan dan enak dipandang mata. Menu header, navigasi, sidebar, body, dan footer semuanya harus jelas dan tertata dengan rapi, jangan mempersulit pengunjung yang berkunjung ke situs Anda. Selain itu gunakan template yang responsif ya guys, artinya tema yang mendukung tampilan situs di berbagai jenis perangkat. Dan yang terakhir pastikan situs Anda menggunakan tema AMP (Accelerated Mobile Pages), karena konten yang akan Anda tampilkan nanti, Google News membutuhkan konten dalam versi Mobile.

Selalu Up to Date

Syarat yang terakhir yaitu situs Anda harus tetap konsisten update artikel setiap harinya, apalagi pada saat situs Anda masih dalam proses Review oleh pihak Google News. Dalam 1 hari, minimal ada konten terbaru yang terbit di situs Anda. Saya mempunyai sedikit tips kepada Anda yang belum bisa konsisten update artikel. Pada saat Anda lagi free dan mood Anda bagus, buatlah sebanyak-banyaknya konten yang berkualitas, lalu simpan sebagai konsep di situs Anda, lakukan revisi beberapa kali sampai Anda merasa artikel ini siap untuk diterbitkan. Silahkan Anda lakukan Posting Terjadwal untuk menjadi agar situs Anda tetap Up to Date.

Cara Daftar di Google News

  1. Silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke halaman Publisher Center, gunakan akun Gmail yang sudah terkoneksi dengan Search Console situs Anda
  2. Klik opsi “Tambah Publikasi” yang ada di menu sebelah kiri. Lalu isi data Nama Publikasi, Properti Situs, Lokasi, dan jangan lupa memberi tanda centang. Lalu klik Tambah Publikasi
    Cara Mendaftar di Google News 01
  3. Setelah itu maka akan muncul Sumber Publikasi Berita baru, Pilih opsi Setelan Publikasi pada nama publikasi yang baru Anda buat
    Cara Mendaftar di Google News 02
  4. Isi data yang dibutuhkan dengan benar, mulai dari Informasi Dasar yang berisikan Nama publikasi dan Bahasa Utama. Lokasi yang berisikan Negara lokasi tempat publikasi. Lakukan Verifikasi Search Console pada URL Properti Situs Utama. Tambahkan Kontak berupa alamat email situs Anda.
    Cara Mendaftar di Google News 03
  5. Klik tombol berikutnya untuk mengatur Gaya Visual publikasi Anda. Tambahkan Logo Persegi (direkomendasikan ukuran 512 x 512 px) dan Logo Persegi Panjang (minimum lebar 200 x 20 px). Apabila Anda belum mempunyai logo blog persegi maunpun perrsegi panjang versi terang dan gelap, silahkan baca artikel Cara Mudah Membuat Logo
    Cara Mendaftar di Google News 04
  6. Lalu klik tombol Simpan di pojok kanan atas.
  7. Setelah itu kembali lagi ke Beranda Publisher Center. Pilih Menu Google Berita (Belum Dimulai)
    Cara Mendaftar di Google News 05
  8. Lalukan pengaturan pada menu Umum dan juga Setelan Konten dengan benar. Apabila sudah terisi semua dan benar, pilih tab Tinjau dan publikasikan, klik tombol Publikasikan
  9. Maka Google News akan melakukan review terhadap situs Anda dalam 1-3 minggu ke depan.

Gimana guys, apa Anda tertarik untuk mencoba Daftar Situs ke Google News? Apabila Anda seorang profesional, tentu Anda wajib tertantang untuk membuktikan apakah situs Anda layak atau tidak tampil di halaman Google News. Semoga nasib baik yang menimpa situs ini yang hanya membutuhkan waktu 2 hari saja bisa diapprove menular juga ke situs Anda ya. Jangan lupa terus berusaha, berdoa, dan selalu melakukan yang terbaik untuk situs kesayangan Anda.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *