Join us in Telegram

Cara Cek Spesifikasi Laptop / Komputer dengan Mudah

Sebagian besar orang saat ini sudah mempunyai komputer, namun apakah Anda mengetahui cara melihat spesifikasi Laptop yang dimiliki? Apabila Anda hanya seorang user Laptop yang hanya menggunakan laptop untuk mengetik, buat tugas, browsing dan lain-lain, mungkin Anda tidak perlu mengetahui spesifikasi Laptop Anda. Namun bagaimana jika Anda seorang gamers, teknisi, ataupun ingin membeli laptop, Anda wajib bisa cek spesifikasi Laptop dengan mudah.

Sangat penting untuk melihat spesifikasi laptop / komputer terutama pada saat ingin menginstall Software atau Game HD. Anda terlebih dahulu harus benar-benar bisa memastikan bahwa spesifikasi laptop / komputer yang Anda miliki telah memenuhi persyaratan untuk menginstall Software ataupun Game tersebut. Jika Anda memaksakan instalasi software / game berat, tetapi Laptop tidak memiliki spesifikasi yang memadai, maka akan berdampak fatal pada kinerja komputer Anda.

Tak hanya saat melakukan instalasi package, saat Anda berencana membeli laptop baru atau bekas, tentunya Anda harus mengecek terlebih dahulu spesifikasi laptop yang ingin Anda beli. Banyak orang mengambil cara praktis, yaitu mencari informasi tentang spesifikasi laptop / PC di mesin pencari. Namun, metode ini tidak 100% akurat, karena setiap merk laptop yang keluar biasanya memiliki berbagai varian. Cara cek spesifikasi laptop atau PC yang paling akurat adalah dengan mengecek langsung peralatan yang ingin Anda beli.

Cara Cek Spesifikasi Laptop / Komputer

Pada kesempatan kali ini, admin akan bagikan 2 cara bagaimana Anda bisa melihat spesifikasi lengkap laptop yang Anda miliki. Cara ini merupakan cara yang paling gampang untuk bisa Anda praktekkan dibandingkan dengan cara yang mengharuskan Anda install software tambahan untuk bisa cek spesifikasi laptop Anda. Cara yang pertama yaitu melihat spesifikasi laptop di Control Panel melalui My Computer dan yang kedua yaitu cek spesifikasi laptop via dxdiag.

Cara Cek Spesifikasi Laptop via My Computer

  • Buka File Explorer Laptop Anda, kemudian sorot pada dir This PC
  • Klik kanan lalu pilih Properties
    Cara Cek Spesifikasi Laptop via My Computer
  • Tunggu beberapa saat, maka akan tampil jendela baru yang menampilkan Device Specifications (Processor, RAM, dan Bit Laptop Anda) dan Windows Specifications
    Cara Cek Spesifikasi Laptop via Control Panel

Cara Cek Spesifikasi Laptop via DXDIAG

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka menu Run
  • Ketikan “dxdiag” lalu Enter / OK
    Cara Cek Spesifikasi Laptop via Dxdiag
  • Tunggu beberapa saat, maka akan keluar jendela DirectX Diagnostic Tool yang menampilkan spesifikasi lengkap Laptop Anda mulai dari Operating System (OS) yang digunakan, System Manufacturer, BIOS, Processor, Memori
    Cara Cek Spesifikasi Laptop 04
  • Untuk melihat VGA Laptop Anda, silahkan pilih tab Display
    Cara Cek Spesifikasi Laptop 05

Baik, demikian lah 2 Cara Cek Spesifikasi Laptop / Komputer dengan Mudah. Silahkan Anda praktekkan langsung untuk bisa melihat spesifikasi lengkap Laptop yang Anda gunakan. Selain 2 cara itu sesungguhnya masih banyak lagi ada cara lainnya, namun disini admin hanya memberikan cara yang paling mudah dan simple. Untuk apa pakai cara yang ribet hanya untuk bisa melihat spesifikasi laptop saja.

Bagikan:

Leave a Comment