Pinjol Ilegal
Berita & Informasi

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Peminjaman uang online atau yang sering disebut dengan pinjol kini cukup marak bermunculan.  Layanan tersebut dipercaya dapat memberikan kemudahan dalam meminjam uang. Namun, kenyataanya tidak semua pinjol dapat dipercaya. Buktinya, sudah ada masyarakat yang kena tipu. Hal ini juga disebabkan oleh kurangnya wawasan masyarakat mengenai cara cek pinjol legal atau ilegal.

Adanya layanan peminjaman online ini sebenarnya sah-sah saja. Namun, perlu digaris bawahi bahwa penyelenggara pinjol haruslah memiliki legalitas dan terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk keamanan dan kenyamanan Anda saat mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda telah mengecek legalitas pinjol terkait. Bagi Anda yang belum mengetahui cara cek pinjol legal atau ilegal, maka simak artikel ini hingga tuntas. 

Sampai dengan tanggal 14 Oktober 2021, dilansir dari Detik.com, daftar jumlah layanan pinjol ilegal yang telah berhasil ditutup oleh pemerintah yaitu sebanyak 151. Salah satunya yang termasuk di dalamnya yaitu Modolkomi yang sempat meresahkan masyarakat dikarenakan sering melakukan peneroran bahkan terhadap nomor yang belum pernah menginstall aplikasi ini.

Ilustrasi Pinjol Ilegal

Kerugian Meminjam Uang dari Pinjol Ilegal

Maraknya muncul pinjol ilegal membuat kita perlu lebih selektif dan berhati-hati saat memilih pinjol yang terpercaya. Bukan tanpa alasan, sebab sudah banyak pihak yang terkena tipu dan alami kerugian besar. Sebelum mengetahui cara cek pinjol legal atau ilegal, maka simaklah 4 dampak terburuk di bawah ini yang bisa Anda dapatkan jika Anda mempercayai pihak peminjaman online ilegal:

Tercurinya Data Pribadi

Kerugian terburuk yang pertama adalah data pribadi Anda akan dicuri. Sebab pihak pinjaman online biasanya akan meminta akses terhadap beberapa fitur di ponsel Anda. Dalam hal ini apabila pihak pinjaman online tersebut adalah ilegal, maka data Anda bisa seperti gambar di galeri, kontak dan lain sebagainya bisa dicuri dan disebarluaskan untuk keuntungan pribadi. 

Mendapatkan Bunga Tinggi

Berhati-hatilah pada pinjol ilegal, sebab pada awalnya mereka mungkin akan menawarkan bunga yang rendah. Namun, seiring waktu berjalan bunga tersebut malah dinaikkan oleh pihak pinjol. Bahkan bisa saja bunga tersebut lebih tinggi dari pokok pinjamannya. Maka dari itu, jangan sampai Anda nantinya terlanjur meminjam dan kesulitan melunasinya. 

Tagihan Debt Collector

Kerugian yang tidak kalah besarnya adalah mereka akan mewajibkan angsuran dibayar tepat waktu. Apabila tidak, maka mereka akan mengirimkan debt collector ke rumah Anda. Namun perlu dicatat, bahwa debt collector ini akan melakukan segalanya agar angsuran terus berjalan. Bahkan mereka tidak ragu akan melakukan kekerasan terhadap peminjam.

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal dan Melaporkannya ke Polisi

Setelah mengetahui kerugian-kerugian yang ditimbulkan, Anda tentunya tidak ingin bukan kalau sampai mengalaminya?. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena OJK sebagai pihak yang berwenang telah memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk mengetahui manakah pinjol yang legal atau ilegal. Oleh karena itu, bacalah cara cek pinjol legal atau ilegal di bawah ini :

Cek Website OJK

Cara cek pinjol legal atau ilegal yang pertama adalah dengan mengeceknya pada website OJK. Sebab, OJK merupakan pihak yang berwenang dalam meregulasi pinjol. Sehingga Anda dapat melihat pinjol apa saja yang sudah terdaftar dan mendapatkan izin di web resmi OJK. Berikut ini adalah panduan lengkapnya :

  • Bukalah web resmi OJK dengan mengklik tautan berikut https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx
  • Setelahnya, pilih kanal IKNB pada bagian kanan halaman lalu pilih fintech di bagian kanan bawah.
  • Berikutnya Anda akan menemukan ulasan bertuliskan Financial Technology – P2P Lending. Pada ulasan terdapat tautan link yang akan menghubungkan Anda ke daftar pinjol yang sudah mendapat izin OJK.

WhatsApp OJK

Anda juga dapat menggunakan cara cek pinjol legal atau ilegal melalui WhatsApp. Prosedurnya cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungi nomor WhatsApp resmi OJK, yaitu 081-157-157-157. Untuk mengetahui legalitas pinjol tertentu, Anda dapat mengetikan namanya saja. Kemudian BOT WhatsApp akan memproses dan memberikan jawabannya. 

Nomor Telepon OJK

Selain nomor WhatsApp, cara cek pinjol legal atau ilegal juga bisa dilakukan dengan menghubungi nomor telponnya, yakni 157. 

Email OJK

Cara cek pinjol legal atau ilegal yang terakhir adalah melalui surat elektronik atau email resmi OJK. Anda dapat mengirimkan email tersebut ke alamat [email protected]

Setelah mengetahui legalitas pinjol, lalu bagaimana apabila ternyata pinjol yang Anda percayakan untuk meminjam uang termasuk ilegal? Tidak perlu panik, karena Anda dapat melaporkannya ke kepolisian setempat. Anda juga dapat mengadukannya melalui form https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan  atau melalui situs aduankonten.id dan Twitter @aduankonten. 

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal  

Selain mengetahui cara cek pinjol legal atau ilegal, Anda juga perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri umum pihak pinjaman online yang ilegal. Sebab, antara pinjol ilegal dan legal juga memiliki perbedaan yang jelas apabila dilihat dari ciri-cirinya, diantaranya adalah nilai bunga, data yang diakses, cara penagihan, hingga kelengkapan pengurus dan organisasi. Untuk informasi yang lebih lengkap, simak penjelasannya di bawah ini:

Nilai Bunga

Nilai bunga juga dapat menjadi ciri perbedaan antara pihak pinjaman online yang legal atau ilegal. Sebab, nilai bunga tersebut telah diatur oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang mana tidak boleh lebih dari 0,8 persen. Sedangkan, total dari seluruh bunga pinjaman tersebut tidak terkecuali denda keterlambatan merupakan 100 persen berasal dari nilai pokok pinjaman.

Data yang Diakses

Dalam proses pengajuan pinjaman, biasanya pinjol akan meminta izin akses terhadap sejumlah perangkat pada ponsel yang dimiliki oleh calon peminjam. Perangkat tersebut biasanya hanyalah seperti mikrofon, kamera, dan lokasi. Meskipun demikian, pihak pinjol tidak boleh mengakses data pribadi seperti halnya daftar kontak yang dimiliki peminjam. Sebab, pinjol ilegal bisa saja menyebarkan data pribadi milik korban secara tidak bertanggung jawab.

Cara Pinjol Dalam Menagih Angsuran

Pihak pinjol legal pada dasarnya tidak melakukan penagihan dengan cara yang kasar. Mereka umumnya melakukan penagihan maksimal 90 hari dari masa tunggakan. Berbeda halnya dengan pihak pinjol ilegal, di mana mereka tidak segan memperlakukan peminjam dengan cara kasar bahkan ada yang sampai menyebarkan data pribadi ke rekan dan keluarganya untuk mempermalukan seorang peminjam.

Kelengkapan Pengurus dan Organisasi

Sebelum mengajukan peminjaman, Anda sebaiknya memeriksa organisasi pinjaman online tersebut terlebih dahulu. Sebab pada pihak pinjol yang legal, OJK telah mewajibkan mereka untuk menyampaikan laporan anggota direksi dan dan komisaris. Pihak pinjol legal perlu melampirkan akta pendirian badan hukum tidak terkecuali anggaran dasar yang sudah disahkan oleh instansi yang berwenang. 

Itulah informasi mengenai cara cek pinjol legal atau ilegal yang dapat Anda lakukan. Maraknya layanan pinjol yang ada saat ini tentu lebih menuntut kita untuk selektif dan waspada. Lebih berhati hati lah dalam memilih penyelenggara pinjol dan jangan mudah tergiur oleh penawaran-penawaran pinjaman uang cepat yang belum terbukti jelas legalitasnya.

Setelah membaca artikel mengenai cara cek pinjol legal atau ilegal di atas, diharapkan Anda sudah bisa memahami dengan baik bagaimana cara memilih penyelenggara pinjol yang terpercaya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan terkena tindakan modus dan penipuan yang merugikan. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *