Join us in Telegram

Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama

Cara Agar Baterai HP Awet – Baterai adalah salah satu komponen penting yang dimiliki oleh sebuah handphone. Dengan adanya daya baterai, pengguna handphone dapat menggunakan HPnya baik sisi hardware maupun softwarenya. Kalau saya mengingat jaman dulu itu baterai HP yang tidak sehat biasanya ditandai dengan baterai kembung. Apa yang Anda lakukan saat itu? Ya gampang saja pasti Anda langsung membeli baterai baru dengan merk yang sama di konter HP. Namun Anda tahu sendiri teknologi baterai HP sekarang sudah menggunakan baterai tanam.

Beterai tanam jaman sekarang berbeda dengan baterai baterai yang bisa dicopot. Sangat jarang sekali saya melihat baterai tanam yang baterainya bisa mengembung. Berbeda dengan baterai HP yang bisa dicopot yang begitu mudahnya mengembung ketika penggunaan daya baterai yang boros menyebabkan baterai bocor. Pada baterai tanam, efek penggunaan HP yang berlebihan tidak terlalu tampak pada bentuk fisik baterainya, melainkan lebih bisa Anda rasakan secara langsung melalui kenerja daripada baterai HP tersebut.

Baterai tanam pada merk HP apapun itu, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Samsung, Sony dan lainnya rata-rata memiliki daya baterai (dalam watt) yang setara. Yang membedakan adalah kapasitas daya baterai yang disesuaikan dengan harga smartphone tersebut. Seberapun daya yang dimiliki oleh baterai HP, apabila Anda tidak bisa merawat baterai HP dengan baik, maka akan bisa membuat baterai HP Anda cepat rusak dan tidak tahan lama.

Maka dari itu Anda harus bisa menerapkan bagaimana Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama. Sesungguhnya ini tidak akan menjadi suatu permasalahan apabila Anda hanya menggunakan HP seperlunya saja sebagai sarana telp maupun SMS. Tapi yang namanya era teknologi, fungsi dari HP sudah banyak mengalami perubahan.

Ada yang menggunakan HP untuk bermain game Mobile Legend berlebihan, adanya yang menonton Youtube terus-terusan, dan ada pula yang nonton video tiktok dari baru bangun – tidur – hingga bangun lagi non-stop 24 jam. Penggunaan HP yang berlebihan seperti itulah yang membuat baterai HP cepat ngdrop dan menyebabkan kebocoran baterai.

Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama yang paling mudah yaitu dengan mengurangi penggunaan HP dari diri pribadi Anda. Namun saya rasa hal tersebut sangat sulit untuk Anda lakukan. Karena tahu sendiri bagaimana rasanya raga ini apabila seharian tidak memegang HP. Untuk itu saya saat ini akan memberikan sedikit tips kepada Anda semua agar baterau HP tetap awet, tidak cepat habis, dan tidak cepat rusak.

Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Agar Baterai HP Awet

Penyebab Baterai HP Boros

Sebelum berangkat lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan Baterai HP menjadi Boros. Berikut saya rangkum beberapa sebabnya, wajib Anda cermati dan pahami ya guys.

Sinyal HP Jelek

Sinyal HP yang jelek, membuat HP Anda bekerja lebih ekstra untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus. Pekerjaan yang ekstra tentu akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Saya sendiri sering mengalami panas HP pada saat berada di tempat yang susah sinyal (sinyal jelek)

GPS Aktif

GPS adalah sebuah fitur dari sebuah smartphone yang digunakan untuk mengecek posisi keberadaan HP tersebut. Jadi, dengan mengaktifkan GPS, maka HP otomatis bisa diketahui posisinya. Secara default fitur GPS HP Anda akan diaktifkan untuk mempermudah penggunaan layanan Google dan lain-lain. Padahal dengan mengaktifkan GPS hanya akan menambah beban konsumsi daya baterai saja.

Aplikasi Latar Belakang

Yang dimaksud dengan Aplikasi Latar Belakang yaitu jenis aplikasi yang selalu berjalan meskipun tidak Anda buka. Biasanya, jenis aplikasi inilah yang paling sering bikin baterai HP jadi boros. Pasalnya, aplikasi background akan memakan daya baterai terus-menerus. Untuk mengatasinya, cukup atur waktu update jadi lebih jarang. Sebagai contoh adalah aplikasi cuaca. Jika dalam pengaturan sebelumnya aplikasi ini selalu diupdate satu jam sekali, bisa diubah jadi 6 atau 12 jam sekali.

Google Play Services

Tanpa disadari, terdapat beberapa aplikasi Google yang jadi sumber masalah baterai HP yang menyebabkan terjadinya pemborosan. Untuk mengatasinya cukup buka aplikasi Pengaturan, pilih Aplikasi, Semua, lalu masuk menu Google Play Services. Kemudian, tap menu Clear Cache. Memang tidak terlalu membantu, namun ssetidaknya bisa membuat aplikasi bawaan Google tidak memakan daya baterai yang terlalu besar.

Fitur Sinkronisasi Menyala

Setiap aplikasi yang berkaitab dengan media seperti foto, video, dokumen, termasuk chat di dalamnya. Bisa diaktifkan sinkronisasi ke akun Google Drive secara otomatis. Fitur ini tidak perlu Anda aktifkan. Cukup aktifkan ketika Anda benar-benar ingin melakukan backup HP. Ini untuk menghindari penggunaan daya baterai yang berlebih di waktu yang tidak diinginkan.

Fitur Auto Brigthness

Mungkin Anda nggak menyangka, jenis aplikasi yang Anda piker bisa bikin hemat daya karena fungsinya untuk mengatur kecerahan secara otomatis, ternyata malah jadi salah satu aplikasi yang membutuhkan daya paling besar. Selain itu, ada juga kok pengguna smartphone yang terlalu malas untuk mengatur kecerahan dari pengaturan. So, daripada Anda punya kenyamanan tapi selalu dibayangi baterai habis dan terputus dari komunikasi, lebih baik atur aja secara manual. Lagipula, nggak makan waktu banyak pun cara yang ribet kok. Cukup buka halaman pengaturan, lalu cari menu pengaturan kecerahan atau brightness.

Cara Merawat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan baterai HP boros, selanjutnya Anda bisa menerapkan Cara Merawat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama. Untuk menunjang kinerja dari handphone tentu harus diimbangi dengan peforma baterai yang baik. Cara-cara berikut yang akan saya sampaikan sudah saya analisa dan evaluasi dari akar permasalahannya, yaitu penyebab baterai boros.

Mengurangi Intensitas Penggunaan HP

Cara yang pertama tentu dengan menghindari penggunaan HP yang berlebihan. Gunakanlah HP yang Anda miliki seperlunya saja. Apabila tidak begitu diperlukan ya jangan digunakan. Ini juga untuk menghindari Anda menjadi orang yang autis dan kecanduan menggunakan HP secara terus-menerus.

Menghindari Pengisian Daya Baterai Berlebihan

Pada saat melakukan Charging HP, perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi daya baterai HP Anda. Rata-rata baterai HP akan terisi penuh dalam waktu 1-2 jam. Ketika baterai sudah penuh, langsung saja cabut kabel charger HP Anda. Perlu diingat jangan bermalas-malasan ngecas HP dari malam hingga pagi hari. Pengisian daya baterai yang berlebihan seperti itu dapat membuat baterai HP Anda cepat rusak.

Menghindari Bermain Game Saat Charge Baterai

Anda maniak game, tapi spesifikasi HP Anda tidak memadai? Ya jangan dipaksakan untuk main game mobile legend terus-terusan. Kenalilah kemampuan baterai HP Anda. Apabila hanya kuat digunakan bermain game 30 menit, ya batas main game Anda ya selama itu. Jangan baterai HP hanya mampu 30 menit karena ambisi Anda untuk mencapai rank Mythic sangat besar, Anda mengecas HP sambil bermain game. Itu adalah kesalahan besar. Selain cepat cepat rusak, HP Anda juga bisa meledak lho gara-gara kinerja HP yang terlalu berat dipaksa terus-menerus. Kalau mau durasi main game lebih lama, ya modal dikit donk beli HP Gaming, seperti Asus ROG, Nubia Red Magic, maupun Black Shark.

Menggunakan Charger Asli

Pada saat membeli sebuah handphone, Anda akan mendapatkan satu set charger original untuk HP Anda. Charger ori tersebut sudah disesuaikan dengan daya input dan output di HP Anda. Input – output setiap HP berbeda-beda bergantung dari teknologi yang digunakan. Maka muncullah namanya istilah Fast Charging, yaitu teknologi yang mampu mengisi daya baterai HP dalam sekejap hitungan menit saja. Apabila HP Anda mendukung fast charging, namun charger yang Anda gunakan berbeda dari Charge Ori nya, maka persiapan saja perlahan baterai HP Anda akan rusak.

Membatasi Penggunaan Aplikasi

Setiap aplikasi HP memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Ketika Anda sudah selesai menggunakan aplikasi tersebut, tidak Anda salahnya kan Anda mengeluarkan aplikasinya. Tidak hanya aplikasi, termasuk game / permainan yang ada di HP Anda juga ya. Dan jangan lupa untuk menghapus aplikasi di latar belakang seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Menggunakan WiFi

Wifi adalah sebuah teknologi yang menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) melalui jaringan untuk bertukar data, termasuk koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi. Ketika Anda sudah memilik koneksi Wifi Indihome di rumah, alangkah baiknya Anda menonaktifkan koneksi Data Seluler di HP Anda. Ini sangat membantu menjaga agar baterai HP Anda tidak cepat habis dan tetap awet.

Baik demikianlah Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama Anti Bocor yang dapat saya sampaikan. Dari sekian banyak tips cara merawat baterai HP, saya merangkum secara garis besarnya saja agar Anda dapat lebih mudah memahaminya. Toh dengan penjelasannya seperti di atas Anda sendiri sudah bisa menguraikan apa-apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga baterai HP agar tetap awet dan tahan lama.

Bagikan:

Leave a Comment