Cara Membuat Barcode / QR Code Whatsapp Sendiri

Cara Membuat Barcode Whatsapp

Barcode dan QR Code Whatsapp adalah 2 (dua) hal yang berbeda. Mungkin Anda mengira keduaya sama, namun dari segi bentuk dan peruntukkannya itu semua berbeda. Emang bedanya apa sih? bukannya sama aja ya. Sssstt, Anda tenang saja, kali ini akan saya kupas habis kok, termasuk juga cara membuat barcode WA sendiri.

Bagi Anda seorang business men, tentu memiliki scan barcode adalah suatu kewajiban. Ini untuk mempermudah komunikasi antara konsumen dengan produsen. Karena di dalam QR Code itu biasanya admin menyelipkan nomor Whatsapp business yang digunakan untuk pelayanan konsumen.

Beda halnya dengan Barcode. Barcode jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya kode batang. Barcode ini harus diletakkan pada setiap barang produksi dengan skala besar untuk bisa mencatat rekam jejak semua barang yang sudah di produksi dengan mudah dan efisien.

Barcode juga berlaku untuk keperluan perangkat elektronik. Maka dari itu, muncullah sebuah metode praktis yang dikembangkan untuk tidak mencatat kode produksi barang, tapi semua informasinya tertuang di dalam kode-kode tertentu yang disebut dengan Barcode.

Cara Membuat Barcode / QR Code Whatsapp

  1. Pengertian Barcode
  2. Fungsi Barcode
  3. Alasan Menggunakan Barcode
  4. Perbedaan Barcode dan QR Code
  5. Cara Membuat Barcode Whatsapp
  6. Cara Scan Barcode Whatsapp

Pengertian Barcode

Barcode adalah kumpulan gambar persegi atau persegi panjang yang terdiri dari serangkaian garis hitam vertikal dengan lebar bervariasi yang bisa dibaca oleh Barcode scanner. Kode ini diterapkan pada produk sebagai sarana identifikasi cepat. Barcode banyak digunakan di toko sebagai bagian dari proses pembelian, di gudang untuk melacak inventaris, dan pada faktur untuk membantu dalam akuntansi dan lainnya.

Siapa yang mengembangkan Barcode ini? Konsep Barcode dikembangkan oleh Norman Joseph Woodland & Bernard Silver pada tahun 1966 yang menggambar serangkaian garis di pasir untuk mewakili kode Morse. Mereka mendapatkan paten atas penemuan ini dan NCR menjadi perusahaan pertama yang mengembangkan pemindai komersial untuk membaca simbol Barcode.

Fungsi Barcode

Yang paling utama Barcode berfungsi untuk menyimpan seluruh informasi terkait suatu produk ataupun berbagai barang yang sudah diberikan label barcode. Pada umumnya Barcode akan menyimpan seluruh informasi terkait tanggal kadaluarsa produk, kode produksi, dan juga nomor identitas produk.

Barcode memerlukan suatu alat baca agar bisa mengetahui berbagai informasi yang terdapat di dalam kemasan yang biasa disebut dengan Barcode Scanner. Dengan kemajuan teknologi yang ada, Barcode scanner saat ini telah tersedia untuk smartphone dalam bentuk Aplikasi yang bisa didownload di PlayStore.

Alasan Menggunakan Barcode

Apabila ada orang yang menayakan apa alasannya menggunakan Barcode? Tentu jawabannya karena mudah dan cepat. Dengan menggunakan barcode, maka Anda akan menjadi lebih mudah dalam menginput data dan bahkan lebih cepat bila dibandingkan dengan cara manual.

Selanjutnya, Barcode juga akan membuat sistem pencatatan informasi menjadi lebih akurat, karena barcode dibuat dengan tingkatan ketelitian dan akurasi yang tinggi. Selain itu, barcode juga bisa dikatakan sebagai suatu sistem yang lebih efisien untuk bisa meminimalisir kerugian dengan cara memberikan pencatatan yang lebih akurat. Sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan tenaga manual dalam hal menginput data.

Perbedaan Barcode dan QR Code

Walaupun memiliki kesamaan berupa konfigurasi kode dan pengembangan pendahulunya Barcode, Barcode dan QR Code mempunyai perbedaan dari segi bentuk serta penggunaannya. Barcode lebih dulu dan sering dipakai untuk memberikan label sebuah produk mengikut jenis dan harganya. Sedangkan QR Code adalah temuan baru yang hadir mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat memuat banyak informasi dan mudah dibaca serta dipindai oleh pemindai.

QR Code vs Barcode

Cara Membuat Barcode Whatsapp

Kembali lagi ke topik utama kita kali ini, yaitu Cara Membuat Barcode / QR Code Whatsapp Sendiri. Sebelum Anda membuat Barcode, pastikan Anda mengetahui informasi apa saja yang ingin diselipkan dibalik kode konfigurasi tersebut.

Dalam hal ini, kita akan mempraktekkan bagaimana cara input link yang mengarah langsung ke Chat Whatsapp Anda dengan menggunakan nomor WA. Tentu Anda beberapa hal yang perlu Anda persiapkan disini, yang pertama Nomor Whatsapp dan yang kedua Aplikasi Barcode / QR Code generator.

Menyiapkan Link Chat Nomor Whatsapp

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengganti kode *** pada URL link dibawah dengan nomor Whatsapp Anda. Diawali dengan kode negara Indonesia “62”
    https://wa.me/62***
  2. Apabila Anda ingin menambahkan pesan pembuka secara otomatis saat link menuju ke chat Whatsapp Anda, maka silahkan Anda masukan pesan di kode berikut. Ubah spasi dengan kode “%20”
    https://wa.me/***?text=Teks%20Pesan
  3. Berikut adalah contoh link chat nomor WA yang sudah jadi berikut dengan isi teks pesannya.
    https://wa.me/628123456789?text=Hallo%20admin%20Caileak%20saya%20ingin%20menanyakan%20produk….
  4. Silahkan Anda salin dan simpan link tersebut

Membuat Barcode / QR Code dengan Aplikasi

  1. Silahkan Anda download salah satu dari Apilkasi berikut disesuaikan dengan keperluan apakah ingin membuat Barcode atau QR Code Whatsapp
    Barcode Generator: apabila Anda ingin membuat Barcode
    QR Code Generator: apabila Anda ingin membuat QR Code
  2. Install dan jalankan aplikasi tersebut. Pada tutorial kali ini saya mempraktekan dengan menggunakan aplikasi QR Code Generator
  3. Tempel link yang Anda salin tadi pada kolom “Text
  4. Tekan icon “Play” di sebelah kanan atas, tunggu beberapa saat
  5. Selamat QR Code telah berhasil dibuat, silahkan Anda simpan dengan klik icon “Save
Cara Membuat Barcode WA Sendiri
Cara Membuat Barcode WA dengan Aplikasi

Catatan: Selain 2 (dua) aplikasi tadi, masih banyak aplikasi sejenis yang tersedia di PlayStore yang memiliki fungsi yang sama, namun saya menyarankan Anda menggunakan aplikasi yang saya rekomendasikan karena memiliki rating yang baik dan jumlah download nya juga terbanyak.

Membuat Barcode / QR Code melalui Situs Website

  1. Silahkan Anda kunjungi situs yang saya rekomendasikan berikut: Barcode Generator
  2. Masukkan link yang sudah Anda salin tadi di kolom “Website (URL)
  3. Tekan tombol “Create QR Code“, lalu tunggu beberapa saat
  4. QR Code berhasil dibuat, silahkan simpan dengan menekan tombol “Download
Situs Barcode Generator
Situs Barcode Generator

Catatan: Selain melalui situs yang saya rekomendasikan tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan situs Barcodesinc dan Barcode Tec-it untuk membuat QR Code / Barcode Whatsapp sendiri.

Cara Scan Barcode Whatsapp

Untuk memindai hasil Barcode maupun QR Code yang telah berhasil Anda buat Anda tidak perlu membeli alat khusus Barcode scanner, cukup dengan menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner saja. Caranya sangatkah mudah, Anda tinggal download lalu install. Setelah itu buka aplikasi lalu arahkan kamera ke kode QR atau barcode, maka aplikasi secara otomatis langsung membaca isi dari kode-kode tersebut.

Cara Scan Barcode Whatsapp

Baik demikianlah tutorial Whatsapp yang dapat saya bagikan tentang Cara Membuat Barcode / QR Code Whatsapp Sendiri. Semoga dapat membantu Anda yang memiliki kendala entah dalam hal pembuatan link chat WA maupun dalam membuat QR Code itu sendiri. Anda dapat memilih menggunakan Aplikasi atau lewat situs Barcode Generator untuk membuat Barcode Anda sendiri. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.