Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine?

Cara Kerja Google

Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine – Mendengar nama Google pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Setiap Anda ingin mengetahui suatu hal tentang apapun itu di Internet, pasti Anda mencarinya di Google Search Engine. Mesin pencari google dapat menyajikan data yang akurat terhadap pengguna internet yang ingin mengetahui suatu hal. Data yang disajikan dapat berupa artikel, video, gambar, statistik dan lain sebagainya. Google saat ini menjadi mesin pencari terpopuler di dunia dikarenakan keakuratan dan kecepatan dalam proses penyajian data. Namun pernahkah Anda berpikir, bagaimana cara kerja mesin pencari Google? Kali ini Caileak akan membahasnya spesial untuk Anda semua pengunjung setia blog ini.

Mesin Pencari Nomor Satu

Pendiri Google yaitu Larry dan Sergey memberi nama mesin pencari ciptaannya dengan kata “Google”, sebenarnya kata itu merupakan sebuah pelesetan dari kata “Googol”. Kata “Googol” sendiri adalah istilah matematika angka 1 yang diikuti dengan 1000 angka nol. Sampai saat ini nama Google masih populer di kalangan netter jika kita berbicara tentang mesin pencari (search engine) dan adapun istilah meng-googling yang dipakai sehubungan dengan kegiatan pencarian informasi melalui search engine. Pernahkah Anda bertanya mengapa harus Google yang nomor 1, bukan yang lain seperti Bing, Yandex, Baidu, AOL? Hal itu dikarenakan Google mesin pencari nomor 1 dalam hal jumlah pemakai, fitur, kemudahan, desain, dan hasil pencarian. Berdasarkan data statistik yang ditampilkan oleh Statcounter, Google adalah mesin pencari populer di dunia yang menyentuh persentase hampir 90% pengguna mesin pencari.

Berdasarkan data dari Statcounter (April 2020 – April 2021)

Waw, sangat mendominasi bukan? Pertanyaannya mengapa harus Google? Karena orang-orang yang berselancar di dunia maya menyukai Google, dalam benak mereka Google itu:

  1. Sederhana, mudah digunakan
  2. Akurat
  3. Google menyajikan dan mengindeks konten dengan cepat sehingga informasi dapat dengan segera terjaring mesin pencari
  4. Google kaya fitur, dengan ragam layanan gratis
  5. Namanya yang telah mendunia, bahkan aktivitas pencarian informasi dikenal dengan sebutan “Googling”

Apa yang Google Inginkan?

Menjadi populer di Google berarti keberadaan Anda di mesin pencari Google sangat terlihat. Google akan melihat apa informasi yang menurut nya bernilai, hal itu dilakukan dengan serentetan Alogaritma yang tertanam di Google search engine. Nanti admin akan bahas lebih lanjut perihal Alogaritma Google Terbaru di postingan berikutnya ya.

Google menyukai tautan serta relevansi yang jelas untuk membuat untaian informasi tersebut dapat ditampilkan secara relevan sewaktu meng-query karena dengannya Google akan terlihat baik dimata para pengguna Internet dan Google ingin dikategorikan sebagai mesin pencari yang akurat.

Sederhananya berikanlah apa yang Google inginkan maka profil, konten, maupun produk Anda akan menuai popularitas dan disukai Google. Lalu apa yang sebenarnya Google inginkan?

  1. Google ingin kejujuran bukan informasi tipuan / jebakan: Beberapa situs mencantumkan kata kunci yang tidak relevan hanya untuk menjaring pengunjung (jebakan). Hal ini sangat tidak disukai Google, dengannya Google akan terlihat buruk jika harus menampilkan informasi situs yang salah tersebut ke pengguna.
  2. Google ingin informasi yang berkualitas, bukan yang ala kadarnya saja.
  3. Google ingin informasi yang memberikan pengetahuan, bersifat solutif (menyelesaikan masalah), bukan informasi yang tidak lengkap atau berantakan.
  4. Google ingin informasi mampu menjadi pelengkap, memiliki nilai pembaharuan dan informasi menjadi trending topik.

Cara Kerja Google

Robot penjelajah Google akan memetakan informasi pada berbagai situs di seluruh belahan dunia. Keberadaan situs yang dulunya tidak terlihat, dapat dikenali dengan adanya daftar indeksyang berisi hasil penjelajahan Google di internet. Indeks ini lah yang mengakolasikan keberadaan situs, yang kemudian informasi pengindeksan akan diberikan untuk user, sewaktu user mencari konten menggunakan Google search engine.

Lalu bagaimana indeks Google ini terbentuk? Bagaimana prosesnya dan komponen apa saja yang terlibat di dalam membangun Indeks Google sehingga mampu menyajikan akurasi pencarian? Google memiliki sebuah mekanisme dalam Alogaritmanya, antara lain:

  1. Google menggunakan robot yang dikenal dengan sebutan Google bot (spider web) yang bertugas untuk menjelajah setiap halaman website. Sembari menjelajah, setiap temuan konten dianalisis kelayakannya.
  2. Analisis kelayakan menggunakan ragam Alogaritma yang tertanam dalam sistem pencarian, hasilnya berupa halaman-halaman informasi yang berisi data pencarian terindeks yang nantinya dijadikan acuan untuk memberikan informasi oleh pengguna dalam mencari informasi berdasarkan kata kunci (keyword)
  3. Sewaktu memasukan kata kunci pada kotal pencarian, maka Alogaritma akan mencari konten paling relevan pada indeks hasil penjelajahan Google Bot. Relevansi didapat dengan mempertimbangkan kurang lebih ratusan elemen, seperti: judul halaman web, link, isi konten, page rank website, persamaan kata dengan kata kunci, ejaan, kualitas konten, dan lain-lain.
  4. Hasil akan diberikan ke pengguna dan didaftarkan berdasarkan tingkat kepentingan dan relevansi. Kualitas pencarian terus ditingkatkan dengan aksi jelajah yang dilakukan Google Bot tanpa henti, berdasarkan peryataan Google, didapat 16% penelusuran baru setiap harinya.

Baik, demikianlah penjelasan dari saya perihal Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua terutama pembuat website / blogger dalam menentukan langkah untuk menjadi nomor 1 di mata mesin pencari Google. Mari kita berlomba-lomba menjadi yang terbaik, bermain dengan sportif tanpa mencurangi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *