Cara Setting APN Telkomsel 4G Tercepat 2021
Tips & Trik

Cara Setting APN Telkomsel 4G Tercepat 2021

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting APN Telkomsel 4G Tercepat di HP Android dan juga iPhone. Walaupun pada dasarnya sama saja, namun ada sedikit perbedaan terutama saat Anda mencari opsi APN.

Memang banyak yang mencari APN Telkomsel 4G Tercepat 2021 karena pengguna Telkomsel pasti pernah mengalami koneksi lelet saat menggunakan APN default.

Kalau bicara dulu, mengganti APN Telkomsel erat kaitannya dengan trik internet gratis. Beberapa cara internet gratis yang pernah saya coba mewajibkan kita untuk menggunakan APN Sakti Telkomsel.

Di awal tahun 2021 ini, dunia internet gratis sempat dihebohkan dengan munculnya trik internet gratis telkomsel polosan yang hanya menggunakan trik ganti APN saja tanpa perlu ribet tanpa aplikasi tambahan apapun.

Saya sendiri sempat merasakan APN Sakti Telkomsel ini selama kurang lebih semingguan hingga akhirnya APN tersebut co.id alias mati tidak bisa tersambung ke internet lagi.

Bagi Anda pecinta internet gratis mungkin tahu ya APN Sakti tersebut. Yaps benar sekali guys, APN yang bernama “home” sempat menggemparkan internet gratis polosan.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas itu, karena APN Telkomsel tersebut juga sudah mati tidak bisa terhubung ke internet. Namun yang akan saya bahas yaitu Cara Setting APN Telkomsel 4G Tercepat dan Stabil.

Selain membagikan bagaimana cara settingnya, di akhir postingan saya juga telah memberikan list daftar APN Telkomsel Tercepat yang masih work dan wus wus apabila Anda menggunakan.

Apa itu APN?

Sebelum melangkah lebih jauh, hal yang wajib Anda tahu terlebih dahulu yaitu pengertian APN itu sendiri.

APN adalah singkatan dari Access Point Name yang merupakan pintu gerbang masuk untuk mengakses koneksivitas jaringan internet apapun itu, mulai dari GPRS, HSPDA, 3G, 4G, dan termasuk yang terbaru akan meluncur jaringan 5G.

Menggunakan APN pada koneksi internet di perangkat HP maupun PC ini sifatnya wajib, sehingga penyedia layanan provider di Indonesia, seperti Telkomsel bisa mengetahuinya.

Cara kerja APN itu sendiri sesuungguhnya tidak terlalu rumit, yaitu dengan cara memberikan alamat IP yang harus diidentifikasi oleh perangkat jaringan, sehingga pihak operator dapat memeriksa dan menentukan jenis koneksi yang dibuat.

APN mempunyai beberapa komponen pendukung yang menjadi bahan pertimbangan penyedia layanan provider untuk menyediakan akses internet bagi penggunanya. Informasi tersebut berupa: username, proxy, port, password, MCC, MNC dan lain-lain.

Apakah APN bisa mempercepat koneksi Internet?

Pertanyaan ini tentu banyak mucul di benak para netter. Ada kabar yang mengatakan bahwa dengan menggunakan APN dari negara luar bisa mempercepat koneksi internet.

Adapula yang mengatakan bahwa dengan menggunakan APN Sakti Telkomsel bisa menembus internet gratis. Saya sendiri pernah merasakan hal ini di awal tahun 2021 kemarin.

Namun yang namanya APN Sakti Telkomsel pasti tidak akan lama. Pihak provider akan dengan segera mengetahuinya karena semakin banyak pengguna yang menggunakan APN Sakti untuk internet gratis polosan telkomsel.

Saya pribadi jujur merasa ada sedikit perbedaan speed internet ketika saya mencoba mengganti APN default Telkomsel dengan APN Telkomsel Tercepat yang wuz wuzz.

Walaupun perbedaannya kecepatan internet tidak terlalu signifikan, namun saya merasa APN Telkomsel 4G Tercepat lebih cepat memuat halaman situs, loading Tiktok dan Youtube.

Cara Setting APN Telkomsel 4G

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara setting APN Telkomsel 4G Tercepat di HP Android dan juga iPhone. Walaupun pada dasarnya sama saja, namun ada sedikit perbedaan terutama saat Anda mencari opsi APN.

Secara default APN Telkomsel diberi nama “internet” atau “telkomsel” oleh piha provider Telkomsel. APN tersebut akan tersetting secara otomatis saat simcard Telkomsel Anda tancapkan di HP.

Nah, untuk bisa mengganti APN Telkomsel tersebut, disini di bagian akhir postingan saya telah menyajikan beberapa list APN Telkomsel 4G yang wus wus. Sudah saya coba sendiri dan hasilnya work 100%.

Cara Setting APN Telkomsel Tercepat di Android

  1. Pertama silahkan Anda nonaktifkan paket Data Selular HP Android Anda terlebih dahulu
  2. Masuk ke Pengaturan > Jaringan Selular > Data Selular
  3. Jika HP Anda dual SIM, silahkan pilih SIM dimana Anda menyisipkan kartu Telkomsel tersebut
  4. Pilih “Nama Titik Akses (APN)
  5. Ketuk APN yang biasa Anda gunakan (tekan tombol ‘!’)
  6. Gulir ke opsi “APN“, lalu Anda ganti dengan APN Telkomsel tercepat yang sudah saya sediakan di bawah
  7. Simpan pengaturan dengan menekan tombol ceklist di pojok kanan atas
  8. Aktifkan kembali paket Data Selular tadi
Cara Setting APN Telkomsel di Android

Cara Setting APN Telkomsel Tercepat di iPhone

  1. Silahkan matikan “Data Seluler” di iPhone Anda terlebih dahulu
  2. Buka menu Pengaturan > Seluler
  3. Pilih slot SIM dimana Anda menaruh kartu Telkomsel
  4. Lalu pilih opsi “Jaringan Data Seluler
  5. Masukkan APN Telkomsel tercepat pada kolom “APN
  6. Kemudian silahkan Anda kembali saja karena pengaturan akan secara otomatis tersimpan
  7. Aktifkan kembali “Data Seluler” dan selamat menikmati koneksi super cepat
APN Telkomsel iPhone Tercepat
Cara Ganti APN Telkomsel di iPhone
Mengganti APN Telkomsel Tercepat iPhone

Daftar APN Telkomsel Tercepat Wus Wus

Sesungguhnya ada banyak sekali APN Telkomsel 4G Tercepat dan stabil yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif APN default telkomsel.

Terdapat beberapa APN yang berakhiran dengan angka, misalnya 1. Angka 1 ini bisa Anda ganti sampai dengan angka 9 ya guys.

Bagi Anda yang penasaran mana daftar APN Telkomsel yang wuz wuz, berikut saya bagikan listnya silahkan pilih salah satu saja yang menurut Anda pas di hati.

  • caileak
  • fibernet
  • aha
  • telkomselbrn1
  • telkomseltbs1
  • telkomflexi
  • SGSN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *