Aplikasi Mirroring Android ke PC Terbaik
Aplikasi

5 Aplikasi Mirroring Android ke PC Terbaik

Android merupakan sistem operasi terbaik untuk smartphone saat ini dengan berbagai fitur mumpuni dibandingkan sistem operasi lainnya. Dari sekian banyak fitur fiturnya, kemampuan Android melakukan mirroring adalah salah satu yang terbaik karena dapat dengan mudah terintegrasi dengan aplikasi mirroring dari pihak ketiga.

Namun sayangnya tidak semua aplikasi mirroring di HP Android bekerja maksimal. Apalagi jumlah aplikasi mirroring di Play Store cukup banyak, Anda pasti dibuat bingung akan menggunakan aplikasi mana untuk bisa menghubungkan layar HP Anda ke PC.

Jangan khawatir karena dalam artikel kali ini saya sudah menyusun daftar aplikasi mirroring Android ke PC terbaik. Jadi Anda tidak perlu lagi mencoba satu per satu aplikasi mirroring yang jumlahnya ratusan di Play Store.

Aplikasi Mirroring Android ke PC Terbaik

  1. ApowerMirror
  2. TeamViewer
  3. AirDroid
  4. Vysor
  5. Screen Stream Mirroring

1. ApowerMirror

ApowerMirror

Aplikasi mirroring Adroid ke PC terbaik yang pertama adalah ApowerMirror, Aplikasi mirroring ini salah satu yang terbaik untuk Android dan telah di download oleh lebih dari 10 juta kali di Play Store.

Anda dapat menggunakan ApowerMirror untuk melakukan mirroring dari smartphone Anda ke PC, Mac, TV dan perangkat smartphone lainnya. Selain melakukan mirroring, aplikasi ini juga cukup keren karena dapat digunakan untuk mengontrol smartphone dari PC menggunakan mouse dan keyboard.

Karena teknisnya ini berjalan dua arah maka untuk melakukan mirroring dari Android ke PC Anda juga perlu menginstall ApowerMirror client untuk dekstop.

2. TeamViewer

TeamViewer

TeamViewer juga merupakan salah satu aplikasi mirroring Android ke PC terbaik. Aplikasi berukuran 31 MB ini telah di download 10 juta kali di Play Store dan mendapatkan rating 3,3.

Aplikasi ini dapat melakukan berbagai hal mulai dari mirroring, mentransfer file baik itu mengirim atau menerima, dapat melihat informasi perangkat, mengatur jaringan Wifi, dll. Jadi tidak heran, banyak teknisi smartphone saat ini menggunakan TeamViewer untuk memberi layanan dukungan pelanggan dari jarak jauh.

Selain itu, aplikasi TeamViewer ini bekerja normal pada perangkat non root. Jadi Anda tidak perlu melakukan rooting pada smartphone sebelum menggunakan aplikasi ini.

3. AirDroid

AirDroid

Aplikasi mirroring terbaik selanjutnya adalah AirDroid. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk melakukan mirroring dari Android ke PC. Selain itu AirDroid juga dapat melakukan transfer file diberbagai platform chatting dan sepenuhnya dapat mengontrol atau mengelola perangkat lain dari PC atau web secara nirkabel.

Berikut fitur-fitur selengkapnya dari AirDroid:

  1. Mentransfer semua jenis file diberbagai platform mulai dari Windows, Mac, Linus dan Smartphone baik itu dari jaringan yang sama maupun jarak jauh.
  2. Mirroring screen dari Android ke PC secara nirkabel sehingga Anda dapat berbagi layar dengan orang lain. Selain itu, AirDroid juga dapat Anda gunakan untuk streaming bermain game atau hal-hal lain yang ingin Anda bagikan kepada pemirsa dilayar perangkat Anda.
  3. AirDroid dapat digunakan untuk mengontrol smartphone Anda dari jarak jauh seperti membuka aplikasi, memeriksa status ponsel, bermain game, dll.
  4. Fitur keren lainnya dari aplikasi ini adalah kemampuan AirDroid dalam melihat menggunakan kamera pada smartphone atau PC dari jarak jauh sehingga Anda dapat mengontrol secara real time situasi dari jauh.
  5. Dengan AirDroid Anda dapat menerima, membalas, mengirim pesan dan mengelola kontak di smartphone dari jarak jauh.

Masih ada beberapa fitur dari aplikasi ini yang bisa Anda cari tahu sendiri melalui situs resmi dari AirDroid. Namun perlu saya garis bawahi bahwa tidak semua fitur dari aplikasi AirDroid ini akan bisa Anda gunakan, kecuali Anda berlangganan atau menggunakan aplikasi versi pro AirDroid.

4. Vysor

Vysor

Aplikasi mirroring Android ke PC terbaik selanjutnya adalah Vysor. Aplikasi yang dikembangkan Clockworkmod ini juga lumayan powerfull digunakan untuk mirroring. Dengan aplikasi mirroring Vysor Anda dapat melakukan berbagai hal mulai dari membuka aplikasi dalam smartphone melalui PC, bermain game, merekam layar, dll.

Untuk mirroring dengan aplikasi ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu menginstall aplikasi ini melalui Play Store dan mendownload Vysor client dektop di Windows. Setelah itu, Anda tinggal menghubungkan kedua perangkat melalui kabel USB. Nantinya, Windows akan mendeteksi smartphone Android Anda dan mulai mentransmisikan layar smartphone Anda di PC.

5. Screen Stream Mirroring

Screen Stream Mirroring

Terakhir, Anda bisa mencoba Screen Stream Mirroring untuk melakukan mirroring. Aplikasi ini lumayan bagus untuk dipake karena punya berbagai fitur-fitur handal seperti yang ada pada aplikasi mirroring AirDroid.

Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan mirroring, transfer file, menayangkan streaming secara langsung diberbagai platfotm seperti Youtube, Twitch, Facebook, Ustream, dll.

Namun sama seperti AirDroid, aplikasi mirroring ini tidak sepenuhnya gratis. Dengan kata lain, jika ingin menggunakan semua fitur yang ada pada aplikasi ini Anda pelu mengeluarkan uang untuk berlangganan versi pro nya.

Demikian artikel aplikasi mirroring Android ke PC terbaik saat ini. Silahkan Anda pilih salah satunnya saja, dan coba untuk menghubungkan layar HP ke laptop secara mudah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *