7 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android

Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

Selain digunakan untuk mengambil gambar, belakangan smartphone juga menjadi pilihan utama untuk merekam sebuah momen dan menjadikannya video. Namun tidak semua video yang dihasilkan berkualitas baik karena mereka tidak menggunakan aplikasi edit video terbaik untuk mengeditnya.

Jika Anda salah satu dari mereka maka setelah membaca artikel ini Anda akan tahu bahwa dibutuhkan aplikasi edit video terbaik untuk menghasilkan video yang baik pula. Beberapa waktu yang lalu saya sempat berbagi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android, kalau kemarin untuk edit foto, kali ini untuk editor video ya guys.

Memang benar Anda bisa saja menggunakan beberapa software editor video gratis di PC untuk mengedit video namun kebanyakan software tersebut rumit untuk digunakan. Selain itu, Anda membutuhkan sebuah PC untuk melakukannya yang tentu menghambat mobilitas Anda apabila menggunakan PC.

Di sisi lain, smartphone sangat nyaman untuk digunakan mengedit video karena fitur-fitur yang ditawarkan hampir selevel software editor video di PC. Keuntungan lainnya, smartphone bisa Anda bawa kemana saja karena bentuk fisiknya hanya seukuran telapak tangan manusia.

Oleh karena itu saya merekomendasikan Anda menggunakan smartphone dalam mengedit video baik itu di Android maupun iOS dan ini dia beberapa aplikasi edit video terbaik untuk menunjang Anda mengedit video.

Aplikasi Edit Video Terbaik

  1. InShot
  2. YouCut
  3. KineMaster
  4. PowerDirectur
  5. CapCut
  6. FilmoraGo
  7. Adobe Premiere Rush

Aplikasi editor video terbaik dalam daftar diatas tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oleh karena itu Anda perlu melihat ulasan satu per satu dan menentukan mana aplikasi editor video terbaik yang layak untuk digunakan. Jadi tetap baca sampai akhir yah.

1. InShot

InShot
InShot

Aplikasi edit video terbaik yang pertama bisa Anda coba adalah InShot. Aplikasi edit video gratis ini sudah di download lebih dari 100 juta pengguna Android di Play Store dan rata-rata penggunanya puas dengan kinerja aplikasi ini karena mendapat rating 4,8.

InShot menawarkan fitur-fitur terbaik dari sebuah aplikasi editor video saat ini mulai dari:

  1. Memotong video
  2. Membagi video jadi beberapa bagian
  3. Menggabungkan video
  4. Membuat slideshow
  5. Menambahkan musik dari library
  6. Mempercepat atau memperlambat video dengan kontrol kecepatan 0,2 – 100 kali lebih cepat
  7. Mengekspor video dengan kualitas HD

Selain itu, ada juga fitur keren lainnya seperti kemampuan memfilter video, memberi efek glitch pada video, efek transisi kekinian dan tersedia ribuan font serta stiker yang bisa Anda gunakan.

Semua fitur itu Anda bisa dapatkan secara gratis dengan menginstall InShot pada smartphone Android.

2. YouCut

YouCut
YouCut

Aplikasi edit video terbaik selanjutnya adalah YouCut. Tidak berbeda dengan InShot, aplikasi ini juga telah di download lebih dari 100 juta kali di Play Store dan mendapat rating 4,8.

Jangan heran apabila aplikasi ini juga mendapat respon yang baik dari penggunanya. Hal itu terjadi karena YouCut dan InShot berasal dari developer yang sama (InShot.inc).

Selain fitur standar seperti aplikasi editor video lainnya, YouCut mempunyai fitur yang dapat mengkompresi video hingga 90% dari ukuran aslinya tanpa kehilangan banyak kualitas. Kerennya lagi, aplikasi ini mendukung berbagai format video mulai dari mp4, avi, 3gp, dll.

Menariknya, YouCut dalam penawarannya mengklaim bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi edit video powerfull yang memungkinkan setiap penggunanya menjadi pro dalam edit video.

Coba saja dulu, siapa tahu Anda benar-benar akan pro dalam editing video setelah menggunakan YouCut.

3. KineMaster

KineMaster
KineMaster

KineMaster merupakan aplikasi edit video sejuta umat, loh kok aplikasi sejuta umat! Jauh sebelum ramenya aplikasi editor video bermunculan di Play Store seperti saat ini, KineMaster sudah eksis dan menjadi salah satu aplikasi edit video pertama yang dapat di unduh pada Play Store.

Aplikasi edit video terbaik di Android ini telah digunakan lebih dari 100 juta orang dan rmendapat rating 4,4 di Play Store. Rata-rata orang menggunakan KineMaster adalah mereka para pemula yang ingin belajar video editing.

Tidak percaya kalau pengguna KineMaster banyakan pemula! Lihat saja di Youtube, ada banyak sekali video dengan tulisan watermark “KineMaster” dalam video tersebut.

Namun aplikasi ini memang cukup mudah untuk digunakan dan sangat pas bagi pemula yang ingin belajar mengedit sebuah video. Fitur-fiturnya juga lumayan cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan editing video.

Apabila ingin menghilangkan watermark saat menggunakan KineMaste, Anda dapat berlangganan KineMaster Pro yang dibanderol Rp 53.000/bulan.

4. PowerDirector

PowerDirectur
PowerDirectur

Belum puas dengan ketiga aplikasi edit video di atas! Anda bisa mencoba PowerDirector yang dikembangkan oleh Cyberlink. Selain di PC, PowerDirectur juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video.

Fitur-fitur aplikasi ini juga tidak mengecewakan bagi sebuah aplikasi edit video yang sudah di download dan digunakan lebih dari 100 juta orang.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini seperti mengedit dan mengekspor video dengan resolusi 4K, menyesuaikan kecepatan video, menstabilkan video pada rekaman yang bergoyang, memberi teks animasi, mengubah suara, dll.

Jika ingin fitur lebih, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 32.000/bln untuk aplikasi PowerDirectur Premium khusus untuk pengguna Android.

5. CapCut

CapCut
CapCut

Aplikasi edit video terbaik selanjutnya adalah CapCut. Sebelumnya aplikasi ini bernama Viamaker yang kemudian berganti nama menjadi CapCut.

Aplikasi ini bisa Anda jadikan pilihan untuk mengedit video karena lumayan mudah digunakan dengan fitur-fitur yang sama baiknya dengan aplikasi lainnya.

Fitur-fitur yang dapat Anda gunakan pada CatCut diantaranya memotong video, mengubah kecepatan/memperlambat video, menambahkan musik, memberi teks dan stiker pada video.

Selain di Play Store, CapCut juga tersedia bagi pengguna iOS yang dapat Anda download di AppStore.

6. FilmoraGo

FilmoraGo
FilmoraGo

Untuk kebutuhan editing video, aplikasi FilmoraGo juga dapat diandalkan. Aplikasi edit video terbaik ini dikembangkan oleh WONDERSHARE, perusahaan yang sudah lama terjun dalam bidang software video editor.

Selain fitur standar pada aplikasi editing video, Filmora juga menyediakan lebih dari 1000 musik yang dapat Anda gunakan dalam video editing.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan efek transisi keren, 5000 stiker dan template premium siap pakai untuk kebutuhan editing video Anda.

7. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush
Adobe Premiere Rush

Terakhir ada Adobe Premiere Rush yang juga merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik saat ini. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengedit video dalam waktu singkat karena mudahnya menggunakan Adobe Premiere Rush.

Pihak Adobe mengklaim bahwa aplikasi ini memang dirancang untuk membuat dan mengedit video online yang siap dibagikan pada berbagai platform sosial media. Itu mengapa pada aplikasi ini Anda akan menemukan fungsi kamera bawaan untuk merekam video berkualitas tinggi.

Selain fitur standar yang sering Anda temukan di aplikasi video editor lain, pada Adobe Premiere Rush Anda bisa menerapkan berbagai efek pada video, mengubah warna, menambahkan judul animasi, membuat efek pan dan zoom.

Aplikasi edit video terbaik di Android ini juga dilengkapi dengan sebuah fitur audio untuk menyeimbangkan suara.

Baik demikianlah 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android, deretan aplikasi di atas memang sangat powerfull untuk Anda gunakan edit video. Sekarang pilihan ada pada Anda untuk mencoba satu per satu aplikasi edit video terbaik diatas. Sayangnya beberapa dari aplikasi di atas mungkin akan menimbulkan watermark saat Anda hasil editing video Anda telah jadi, maka dari itu diperlukan APK Mod untuk mengakalinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *