Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis SEO

Apa itu SEO

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis SEO – Bagi Anda seorang blogger, web developer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Karena pada prinsipnya, semua konten / artikel yang Anda buat, apabila tidak ada yang membaca nya / tidak ada pengunjung yang melihat dan mempraktekannya, maka itu semua akan sia-sia saja. Ibarat menebar kebaikan tapi tidak ada yang menerima kebaikan tersebut, hahaha. Bagi Anda yang masih pemula belum paham dan mengerti tentang SEO, kali ini admin akan sedikit memberikan pemahaman dasar kepada Anda semua. Sebelum Anda berangkat lebih jauh, ada pentingnya Anda memahami terlebih dahulu SEO Organik vs SEO Inorganik.

SEO kependekan dari Search Engine Optimization yang merupakan langkah-langkah atau metode untuk mengoptimasi Website / Blog agar memiliki posisi terbaik untuk pencarian dengan kata kunci tertentu di search engine atau mesin pencari di internet. Posisi terbaik yang admin maksudkan disini yaitu posisi konten / artikel Anda berada di halaman pertama ataupun halaman pertama posisi 1 di mesin pencari. Ada banyak website yang menyediakan jasa pencarian beberapa yang cukup populer diantaranya Google Search Engine, Bing, Yahoo, AOL dan lainnya.

Search Engine tersebut selalu berusaha memberikan hasil yang relevan dalam sebuah pencarian kata kunci (keyword). Tentu aneh jadinya jika Anda menggunakan Google untuk mencari artikel bagaimana cara membuat blog namun hasil yang muncul adalah halaman tentang cara optimasi sebuah blog. Metode-metode SEO lahir dari hasil pelajari mekanisme yang digunakan untuk oleh search engine dalam menentukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci pencarian. Intinya SEO diterapkan untuk menunjukkan kepada search engine bahwa halaman website A memiliki relevansi yang paling kuat dengan kata kunci tertentu.

Sebagai contoh salah satu halaman blog berisi artikel tentang cara membuat gambar logo dengan penerapan teknik SEO, Anda menunjukkan kepada mesin pencari halaman tersebut memang benar-benar berisi cara untuk membuat gambar logo. Tentu saja halaman blog Anda bukan satu-satunya halaman yang berisi tentang panduan cara membuat logo. Ada banyak blog dan website lain yang punya artikel sejenis, namun dengan penerapan teknik SEO yang baik Anda, membuat search engine menganggap cara membuat logo di halaman blog anda lebih relevan atau lebih berkualitas dibandingkan dengan yang lainnya sehingga blog Anda ditempatkan di posisi terbaik pada hasil pencarian dengan kata kunci tersebut.

Saat menjelajah sebuah halaman, Google bot atau spiders melihat dan mengumpulkan kata-kata dan kombinasi kata yang terdapat pada halaman tersebut secara sederhana dapat disimpulkan bahwa jika dalam satu halaman banyak terdapat kalimat buat gambar logo maka spiders akan menganggap halaman tersebut berisi tentang cara buat logo, logo gambar blog, buat logo di android, aplikasi pembuat logo. Kata-kata dan kombinasi kata tersebut dikenal dengan istilah keyword atau kata kunci. Kata kunci inilah yang menjadi faktor utama yang menentukan relevansi sebuah halaman dan menjadi fokus utama.

Dalam penerapan teknik SEO, secara garis besar dibagi menjadi dua bagian yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

Apa itu SEO

SEO On Page

SEO On Page ini berkaitan dengan langkah-langkah atau metode optimasi pada halaman website atau blog beserta elemen-elemen di dalamnya. Elemen-elemen tersebut dapat berupa struktur halaman, struktur permalink, penempatan konten, penggunaan nama domain, dan lain-lain. Secara sederhana, SEO on Page dapat diartikan sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dipahami pembaca website atau blog. Tidak hanya itu, SEO on Page yang dioptimasi dengan baik akan memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relevansi website Anda dengan kata kunci yang ditembak.

SEO Off Page

Bila SEO on Page lebih memfokuskan pada optimasi internal di dalam website atau blog. Berbeda dengan SEO Off Page yang menitikberatkan optimasi SEO dari faktor luar (eksternal). Dalam hal ini yang paling mempengaruhi yaitu Baclink dan Link Building yang baik. Jujur saya akui betapa susahnya mencari backlink di era Google saat ini. Semua harus Anda lakukan secara manual agar optimasi off page yang Anda lakukan dipandang alamiah (tidak menggunakan bot untuk mengerjakan).

Baik demikianlah penjelasan singkat admin perihal Pengertian SEO, Cara Kerja SEO, dan Jenis-jenis SEO. Untuk bagaimana penjelasan lebih jauh lagi tentang SEO On Page dan SEO Off Page akan admin bahas di postingan selanjutnya ya. Anda sabar saja menunggu, pasti akan admin update nanti. Semoga artikel yang admin bagikan kali ini bermanfaat dan bisa menambah semangat Blogging Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *