12 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

caileak.com Р12 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal . Cara mengobati leher gatal adalah dengan memperbanyak minum air putih, menggiling dengan air garam, minum jahe dan madu, serta menggunakan pelembab udara.
12 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dan Cara Mengatasinya
Leher gatal adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, apalagi jika disertai batuk, nyeri, dan sulit menelan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa Anda coba.

Cara mengatasi tenggorokan gatal

Sebagai penanganan awal, berikut adalah berbagai cara menghilangkan tenggorokan gatal yang mengganggu.

1. Minum lebih banyak air putih
Tenggorokan saya kering dan gatal. Nah, Anda bisa minum lebih banyak air untuk memperbaikinya. Minum air putih sekitar 2 liter atau 8 gelas sehari. Tetap terhidrasi dapat membantu mempertahankan kelembapan dan melegakan tenggorokan. Anda juga harus minum lebih banyak air saat sakit, berolahraga, atau cuaca panas.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara untuk mengatasi gatal dan batuk yang disebabkan oleh bakteri dan virus.
Cukup tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat. Berkumurlah selama 10 detik, lalu ludahkan tanpa menelannya. Ulangi cara ini 2-3 kali sehari. Air panas diketahui dapat meredakan sakit tenggorokan, dan garam dapat membantu mengurangi penumpukan lendir.

3. Minum air jahe dan madu

Air jahe panas dan madu dipercaya dapat meredakan tenggorokan yang gatal. Minum air jahe panas dengan tambahan madu dipercaya dapat mengobati tenggorokan yang gatal.
Hal ini didukung oleh sebuah penelitian di Jurnal Nasional Fisiologi, Farmasi, dan Farmakologi. Menurut penelitian ini, mengonsumsi satu sendok makan madu dua kali sehari dapat membantu meredakan gejala sakit tenggorokan.
Karena zat alami ini memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan. Cukup siapkan air mendidih dalam cangkir dan tambahkan parutan jahe.

Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan madu dan jus 2 lemon ke dalamnya. Aduk dan minum perlahan. Anda bisa melakukan ini 2-3 kali sehari.

4. Minum susu kunyit

Cara mengobati tenggorokan gatal selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi susu kunyit. Bahan alami ini memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Dalam panci kecil di atas api sedang, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 250ml susu. Masak hingga mendidih lalu tuang ke dalam mug. Biarkan minuman mendingin hingga suhu minum yang nyaman. Minumlah setiap malam sampai sakit tenggorokan hilang.

5. Mengonsumsi es loli

Tahukah Anda bahwa kompres dingin dapat membantu membuat tenggorokan Anda mati rasa?
Misalnya, es loli dan minuman yang sangat dingin dapat membantu Anda tetap terhidrasi sekaligus mengurangi sakit tenggorokan dan radang tenggorokan. Namun, hindari konsumsi asam karena dapat meningkatkan asam lambung dan memperparah gejala tenggorokan gatal.

6. Menghindari paparan rokok

Paparan asap rokok juga menjadi salah satu penyebab gatal dan sakit tenggorokan serta dapat memperparah keadaan.
Sebagai solusinya, Anda harus berhenti merokok dan menghindari asap rokok. Ini tidak mudah, tetapi pelan-pelan dan biasakanlah.

7. Mengonsumsi sup hangat

Cara lain untuk menyembuhkan batuk berdahak atau tenggorokan gatal adalah dengan meminum sup hangat.
Mengonsumsi makanan ini tidak hanya membuat Anda tetap terhidrasi, tetapi juga membantu menenangkan bagian belakang tenggorokan dan mengurangi iritasi yang tidak menyenangkan di area tersebut.

8. Menggunakan pelega atau semprotan tenggorokan

Menggunakan pelega tenggorokan atau semprotan, yang memiliki efek mati rasa, juga dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal.
Tablet hisap mudah larut di mulut dan melepaskan bahan-bahan yang menenangkan untuk tenggorokan yang kering dan teriritasi. Produk-produk tersebut umumnya mengandung bahan aktif yang melegakan tenggorokan, seperti benzokain, minyak kayu putih, dan mentol.

Namun, harap mengacu pada petunjuk penggunaan pada label kemasan.

9. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu menenangkan jaringan tenggorokan yang sakit, Mandi air panas juga bisa digunakan untuk mengobati tenggorokan yang gatal. Ini karena uap dari air panas dapat membantu menghidrasi saluran udara. Dalam keadaan normal, jaringan tenggorokan menghasilkan lendir. Namun, saat jaringan ini meradang, tenggorokan bisa menjadi kering dan gatal. Uap dari air panas dapat membantu melembapkan dan menenangkan jaringan tenggorokan.

10. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Jika tenggorokan gatal Anda disertai rasa nyeri, Anda bisa mendapatkan solusi sementara dengan mengonsumsi obat pereda nyeri di apotik Anda.

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen adalah pilihan yang baik untuk sakit tenggorokan. Namun, Anda harus mengikuti petunjuk pada kemasannya atau seperti yang diarahkan oleh apoteker Anda.

11. Menghindari alergen

Jika tenggorokan gatal Anda disebabkan oleh alergi, cobalah untuk menghindari iritasi untuk mengurangi gejala Anda. Beberapa alergen umum termasuk serbuk sari hewan, tungau debu, dan jamur. Selain menghindari pemicu, mengonsumsi antihistamin dapat membantu mencegah reaksi berlebihan tubuh terhadap alergen dan meredakan gejala alergi.Jenis obat ini mudah didapatkan di apotik.

12. Menggunakan humidifier

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan pelembab udara saat udara kering.
Alat ini dapat meningkatkan kelembapan sehingga membantu melembapkan tenggorokan sekaligus mencegah lendir mengering yang dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk. Namun, pelembap harus dibersihkan dengan benar dan teratur untuk menghindari kontaminasi kuman.

Berikut beberapa cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk yang bisa Anda coba. Pengobatan rumahan ini bisa menjadi pengobatan pertama sebelum pergi ke dokter.

Penyebab tenggorokan gatal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gatal.

Dipercayai bahwa penyebab gatal terus-menerus di tenggorokan adalah:

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada cuaca panas, setelah berolahraga, atau saat sakit. Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan kering karena tidak ada cukup air liur di mulut dan tenggorokan, yang menyebabkan rasa gatal.

2. Asam lambung naik

Sakit tenggorokan dapat berlanjut saat asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan (refluks).
Beberapa orang dengan sakit maag kronis juga memiliki masalah tenggorokan. Meskipun kondisi ini jarang merupakan satu-satunya gejala peningkatan asam lambung, pasien dengan refluks diam mungkin hanya mengalami gatal tenggorokan kronis sebagai gejala.

3. Alergi makanan

alergi makanan dapat menyebabkan tenggorokan gatal, Alergi makanan terjadi ketika tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap makanan tertentu yang Anda makan, seolah-olah itu merugikan Anda. Makanan yang menyebabkan alergi biasanya antara lain kacang tanah, telur, kerang, gandum dan susu. Reaksi alergi biasanya terjadi beberapa menit atau jam setelah makan makanan pemicunya.

Gejala alergi yang memang terjadi biasanya relatif ringan, seperti gatal di tenggorokan atau mulut. Namun, ada juga gejala yang bisa mengancam jiwa.

4. Rhinitis alergi

Rinitis alergi atau hay fever adalah peradangan pada saluran hidung akibat reaksi alergi. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Rhinitis alergi terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen (alergen), seperti serbuk sari, bulu binatang, debu, asap rokok, atau asap knalpot.

Kemudian tubuh melepaskan histamin yang menimbulkan berbagai gejala seperti tenggorokan gatal, hidung tersumbat, bersin, mata gatal atau berair, dll.

5. Alergi obat

Beberapa orang alergi terhadap obat-obatan tertentu seperti penisilin dan antibiotik lainnya. Tingkat keparahan reaksi alergi ini berkisar dari ringan hingga mengancam jiwa. Alergi obat dapat digambarkan sebagai rasa gatal terus-menerus di tenggorokan yang dimulai setelah minum obat baru..

6. Infeksi bakteri dan virus

Radang amandel atau radang amandel bakteri dapat dimulai sebagai tenggorokan yang gatal dan kemudian berkembang menjadi sakit tenggorokan yang parah.
Di sisi lain, virus seperti flu juga bisa menyebabkan tenggorokan gatal. Saat terserang flu, Anda juga bisa mengalami sakit tenggorokan disertai demam, nyeri tubuh, dan rasa tidak nyaman di dada.

7. Efek samping obat

Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berupa batuk kering dan tenggorokan gatal.
Misalnya, orang yang menggunakan penghambat ACE untuk tekanan darah tinggi mungkin memperhatikan hal ini. Efek samping ini dapat muncul segera setelah minum obat.

Jika tenggorokan yang gatal tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.