10 Meteor Terdahsyat yang Pernah Jatuh ke Bumi

Meteor yang Pernah Jatuh di Bumi

10 Asteroid Terbesar yang Pernah Menghantam Bumi – Mari kita awali pembahasan dengan membahas pengertian dari meteor terlebih dahulu. Meteor juga disebut dengan bintang jatuh atau bintang beralih atau bintang berpindah. Ada pula yang menyebutkan bahwa meteor merupakan jalur cahaya yang merupakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer Bumi.

Kenampakan cahaya ini disebabkan oleh tekanan ram pada saat meteoroid memasuki atmosfer bumi dan terbakar. Dan apabila meteoroid yang jatuh tersebut tidak habis terbakar serta masih ada bagian yang tersisa dan jatuh di permukaan Bumi maka itu disebut dengan meteorit. Jadi meteor hanya merupakan kenampakan cahaya saja ketika meteoroid terbakar di atmosfer Bumi dan menimbulkan cahaya. Sementara objek atau benda yang jatuh tersebut namanya meteoroid.

Selain meteor, benda langit lainnya yang sering kita dengar adalah asteroid. Asteroid merupakan sebuah benda langit yang melayang- layang di angkasa. Asteroid juga disebut dengan Planet minor atau planetoid. Pada kenampakannnya secara dekat maka asteroid ini akan terlihat seperti bebatuan. Di langit, keberadaan asteroid ini bergerombol dan jumlahnya sangat banyak.

Asteroid juga memiliki jalur atau orbitnya sendiri sehingga beraturan. Orbit asteroid yang paling besar berada di antara planet Mars dan Yupiter. Ukuran asteroid juga bermacam- macam, ada yang kecil adan ada pula yang besar. Ada beberapa asteroid yang sangat terkenal seperti Ceres dan juga Pallas. Asteroid juga merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahayanya sendiri sehingga tidak terlihat oleh mata manusia.

Tahukah Anda dari zaman dinosaurus dulu sampai zaman modern sekarang sudah tidak terhitung banyaknya jumlah benda luar angkasa yang jatuh ke bumi. Beberapa dari benda angkasa itu ada yang hancur saat memasuki atmosfer bumi, tetapi ada juga yang berhasil menyentuh permukaan bumi yang memang berhasil mempora-porandakan lokasi di mana tempat benda luar angkasa itu jatuh. Nah di dunia ini ada 10 meteor terdahsyat yang pernah menghantam bumi. Penasaran? Berikut saya bagikan ulasan lengkapnya spesial untuk Anda.

10 Meteor Terdahsyat yang Pernah Jatuh ke Bumi

Chicxulub, Mexico

Meteor di Chicxulub, Mexico

Apakah Anda pernah membayangkan ada sebuah meteor yang menghantam bumi dengan ukuran sebesar Pulau Bali? Ya asteroid berdiameter sekitar 107 KM atau setara Pulau Bali ini pernah jatuh di Meksiko tepatnya 65 juta tahun yang lalu. Meteor ini jatuh ke bumi dan berhasil menimbulkan berbagai macam bencana alam seperti mega tsunami, gempa di mana-mana, bahkan seluruh gunung berapi di dunia meletus, diperkirakan tidak ada makhluk hidup yang selamat dari peristiwa itu. Jika ada yang selamat pastinya akan mati juga karena bumi akan diselimuti oleh musim dingin, nuklir akibat meteor ini selama 300 ribu tahun lamanya dan ini adalah bencana alam meteor bumi yang paling dahsyat.

Kara-Kul, Tajikistan

Asteroid di Kara-Kul, Tajikistan

Pada zaman dahulu lebih tepatnya 5 juta tahun yang lalu ada sebuah meteor ukuran jumbo yang menghantam kawasan Tajikistan. Efek dari hantaman tersebut menghasilkan Kawah dengan ukuran 5 km. Kawah ini memiliki warna air yang sangat hitam. Dengan ukuran kawah sebesar itu diyakini meteor ini memiliki ukuran yang sangat luar biasa besar dan diperkirakan menggetarkan seluruh permukaan bumi.

Mistastin Lake, Canada

Meteor di Mistastin Lake, Canada

Canada adalah salah satu negara yang sering dijatuhi meteor. Banyak sekali meteor yang jatuh di negara ini, salah satunya yang pernah jatuh di Mistastin Lake, Canada. Yang jadi misterius adalah banyak sekali data yang tidak diketahui tentang meteor ini, seperti ukurannya, kapan jatuhnya, dan seperti apa dampaknya, tetapi jika dilihat dari bekas kawahnya yang berukuran 24 KM pastinya meteor ini sangatlah dahsyat dan sangatlah besar.

Clearwater, Canada

Meteor di Clearwater, Canada

Pada 290 juta tahun yang lalu pernah terjadi bencana alam tumbukan meteor yang merupakan meteor kembar yang menabrak bumi secara bersamaan dan dampak yang dihasilkan membentuk sebuah lekukan kawah yang memiliki diameter sebesar 32 KM dan 22 KM. Dampak dari meteor ini membuat daerah tersebut hancur dan kering, namun dampak yang dihasilkan dahulu berbanding terbalik dengan sekarang. Kawasan yang dulunya pernah dihantam meteor ini telah berubah 180 derajat menjadi sebuah kawasan hijau yang sangat indah.

Gosses Bluff, Australia

Meteor di Gosses Bluff, Australia

Terjadi sekitar 142 juta tahun yang lalu, sebuah meteor berhasil membuat bumi berlubang sedalam 5 KM ini diperkirakan berukuran 22 KM dan berhasil membuat kawah sebesar 24 KM. Selain itu dampak dari meteor ini juga sangat besar mempengaruhi lempeng bumi yang hasilnya membuat gempa dimana-mana dan membuat salah satu bencana alam paling dahsyat di muka bumi yang pernah ada.

Barringer, Arizona, Amerika Serikat

Meteor di Barringer, Arizona, Amerika Serikat

Pada masa lampau tepatnya 49 ribu tahun yang lalu, ada sebuah meteor yang jatuh di Arizona, Amerika Serikat. Walaupun meteor ini berukuran kecil jika dibandingkan dengan meteor meteor sebelumnya, tapi meteor ini menyebabkan dampak yang sangat dahsyat bahkan meteor ini mampu membuat kawah sebesar 2 KM dengan kedalaman 175 meter. Kawah meteor ini baru ditemukan pada tahun 1902 oleh Barringer, yaitu seorang geophysic dan inventor dari Kanada yang telah meninggal pada tahun 2009 lalu.

Wolf Creek, Australia

Meteor di Wolf Creek, Australia

Kawah yang terbentuk akibat tumbukan meteorit 3000 tahun lalu ini berlokasi di Australia. Kawah ini memiliki diameter 875 M dan kedalaman 120 m. Sejumlah besi meteorit telah ditemukan di sekitar lokasi kawah, sementara itu manusia modern baru mengetahui kawat ini pada tahun 1947 padahal orang-orang Aborigin telah mengetahui akan kawah ini sejak ribuan tahun lalu. Nah, kawah ini juga bisa Anda kunjungi tentunya di Australia dengan tiket yang mungkin cukup murah untuk kantong orang Indonesia.

Bosumtwi, Ghana

Meteor di Bosumtwi Ghana

Daerah Bosumtwi di Ghana juga pernah dihantam meteor pada 1.3 juta tahun yang lalu. Hasilnya meteor ini mampu membuat sebuah kawan berukuran 10.6 KM dan mempunyai kedalaman 45 meter. Memang bukan meteor yang besar, tapi cukup untuk menghancurkan dan memporakporandakan daerah tersebut. Namun saat ini efek hantaman tersebut menghasilkan sebuah danau yang indah dan menjadi destinasi wisata populer di Ghana.

Pingualuit, Kanada

Meteor di Pingualuit, Kanada

Kawah ini terbentuk 1,4 juta tahun silam oleh sebuah meteor yang efek tumbukannya memiliki kekuatan setara dengan 8500 bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Kawah ini memiliki diameter kurang lebih 3.44 KM dan memiliki ketinggian 160 m dari Tundra yang ada dibawahnya. Kawah ini juga memiliki kedalaman sekitar 400 meter. Danau yang ada di bawah kawah ini memiliki kedalaman 270 m dan berisi air yang paling murni di dunia. Kawah ini juga baru ditemukan pada tahun 1943 dalam sebuah operasi penelitian Meteorologi.

Monturaqui, Chili

Meteor di Monturaqui, Chili

Kawah ini terletak di selatan Salarde Atacama, Chili ini hanyalah berdiameter 460 m dan dengan kedalaman 34 meter. Diperkirakan tumbukan yang menyebabkan kawah ini terjadi 1 juta tahun lalu dan karena kondisi lingkungan yang ekstrem membuat kawah ini masih dapat dilihat dengan sangat jelas dan sekarang kawah ini dijadikan sebuah objek wisata meteorit

Wow gimana guys menurut Anda 10 Meteor Terdahsyat yang Pernah Jatuh ke Bumi? Ga kebayang ya apabila hal itu terjadi di kehidupan modern seperti sekarang. Ya kita berdoa saja ya guys, agar bumi beserta isi-isinya selalu mendapatkan perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Amin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *